Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Olahraga Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

(0 review)

Olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil adalah salah satu cara untuk tetap bugar saat sedang hamil. Aktivitas fisik memang penting, karena saat melakukannya, jantung akan terbantu untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh Ibu akan lebih fit hingga menjelang persalinan.

Rabu, 27 Juli 2016

Karena cukup mudah dilakukan, berjalan kaki banyak menjadi pilihan olahraga untuk Ibu hamil. Selain memompa jantung dan darah, berjalan kaki tidak terlalu memberikan tekanan yang besar pada lutut dan pergelangan kaki, sehingga mengurangi risiko terjadinya cedera. Apa lagi yang harus diperhatikan untuk berjalan kaki dengan aman dan nyaman? Yuk, simak beberapa tips  olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil berikut!

Persiapan Olahraga Jalan Kaki
•    Kenakan pakaian yang menyerap keringat dan sepatu olahraga nyaman.
•    Kenakan topi saat berjalan kaki, khususnya jika sinar matahari sedang terik. Bila perlu, aplikasikan juga sunscreen pada permukaan kulit.
•    Bawa handuk kecil untuk membantu mengeringkan keringat saat berjalan.
•    Jangan lupa untuk membawa air minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi.
•    Karena termasuk olahraga untuk Ibu hamil, pilih rute berjalan kaki yang aman dan nyaman agar tidak menggangu kondisi Ibu. Hindari rute yang memiliki jalanan yang tidak rata atau tanjakan dan turunan yang terlalu banyak.
•    Sebaiknya, lakukan olahraga ini pada sekitar pukul 6 pagi atau pukul 5 sore, di saat matahari sudah tidak terlalu panas. 

Panduan Olahraga Jalan Kaki
•    Bagi yang belum terbiasa, olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil cukup dilakukan selama 15 menit saja, tiga sampai empat kali seminggu.
•    Jika sudah terbiasa dengan waktu 15 menit, atau jika sebelumnya Ibu memang sudah terbiasa berolahraga, waktu berjalan kaki bisa ditingkatkan menjadi 30 menit, empat sampai lima kali seminggu.
•    Saat melakukan olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil, usahakan agar postur selalu sempurna, yaitu punggung lurus, kepala tegak, dan pandangan mata lurus ke depan. Ibu boleh mengayunkan tangan perlahan seiring langkah, untuk membantu keseimbangan. Pastikan juga Ibu melangkah dengan baik dan benar, dengan tumit yang menyentuh tanah terlebih dulu.
•    Jika saat berjalan napas mulai terengah-engah sehingga kesulitan untuk berbicara, perlambat langkah atau persingkat waktu berjalan Ibu. Jangan memaksakan apabila tubuh sudah terasa tidak kuat.

Tips Lainnya
•    Usahakan untuk dapat aktif berjalan setiap hari. Apabila tidak sempat meluangkan waktu khusus untuk olahraga jalan kaki, lakukan aktivitas lain yang bisa melatih fisik, misalnya peregangan tubuh di pagi hari.
•    Saat melakukan olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil, walaupun sudah mengenakan topi, segera cari tempat berteduh apabila terik matahari membuat Ibu sedikit pusing. Hal ini guna menghindari terjadinya kepanasan yang berlebihan yang ditandai dengan pusing dan rasa mual.
•    Keringat yang terus keluar akibat pergerakan fisik dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Oleh sebab itu, jangan lupa juga untuk mengganti cairan tubuh dengan sesekali minum air yang sudah Ibu bawa.
•    Agar lebih menyenangkan dan tidak cepat bosan, coba cari teman atau partner olahraga untuk Ibu hamil. Dengan demikian, diharapkan Ibu akan lebih bersemangat menjalani olahraga sehari-hari.

Jangan lupa untuk terus menjaga kondisi kehamilan dengan bergerak aktif dan mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Nah, bagaimana, Bu? Sudah siap mengikuti panduan di atas dan mulai rutin berolahraga? Share artikel ini untuk berbagi pengetahuan tentang olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.