Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Olahraga Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

(0 review)

Salah satu cara untuk tetap bugar saat mengandung adalah melakukan berbagai olahraga Ibu hamil. Aktivitas fisik sangat penting, karena saat melakukannya, jantung akan terbantu untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh Ibu akan lebih fit menjelang persalinan, mood selama mengandung pun tetap terjaga. Masa kehamilan yang lancar dan menyenangkan tentunya akan membantu Si Kecil untuk tumbuh sehat dan optimal.

Kamis, Mei 18th, 2017

Nah, berjalan kaki sering kali jadi menjadi pilihan olahraga untuk Ibu hamil karena cukup mudah dilakukan. Selain dapat memompa jantung dan darah, berjalan kaki tidak terlalu memberikan tekanan kuat pada lutut dan pergelangan kaki, sehingga mengurangi risiko terjadinya cedera. Apa yang harus diperhatikan untuk berjalan kaki dengan aman dan nyaman? Yuk, simak beberapa tips olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil berikut!

Persiapan Olahraga Jalan Kaki

  • Kenakan pakaian yang menyerap keringat dan sepatu olahraga nyaman.
  • Kenakan topi saat berjalan kaki, khususnya jika sinar matahari sedang terik. Bila perlu, aplikasikan juga sunscreen pada permukaan kulit.
  • Bawa handuk kecil untuk membantu mengeringkan keringat saat berjalan.
  • Jangan lupa untuk membawa air minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi.
  • Pilih rute berjalan kaki yang aman dan nyaman agar tidak menggangu kondisi Ibu. Hindari jalanan yang tidak rata, atau tanjakan dan turunan yang terlalu banyak.
  • Sebaiknya lakukan olahraga ini sekitar pukul enam pagi atau pukul lima sore saat matahari tidak terlalu panas.

Panduan Olahraga Jalan Kaki

  • Bagi yang belum terbiasa, olahraga jalan pagi untuk Ibu hamil cukup dilakukan tiga sampai empat kali seminggu dengan durasi 15 menit.
  • Jika sudah terbiasa dengan waktu 15 menit, atau jika sebelumnya Ibu memang sudah terbiasa berolahraga, waktu berjalan kaki bisa ditingkatkan menjadi 30 menit, sebanyak empat sampai lima kali seminggu.
  • Saat melakukan olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil, usahakan postur Ibu selalu sempurna, yaitu punggung lurus, kepala tegak, dan pandangan mata lurus ke depan. Ibu boleh mengayunkan tangan perlahan seiring langkah, untuk membantu keseimbangan. Pastikan juga Ibu melangkah dengan baik dan benar, dengan tumit yang menyentuh tanah terlebih dulu.
  • Jika saat berjalan, napas mulai terengah-engah sehingga kesulitan untuk berbicara, perlambat langkah atau persingkat waktu berjalan Ibu. Jangan memaksakan apabila tubuh sudah terasa tidak kuat.

Tips Lainnya

  • Usahakan untuk dapat aktif berjalan setiap hari. Apabila tidak sempat meluangkan waktu khusus untuk olahraga jalan kaki, lakukan aktivitas lain yang bisa melatih fisik, misalnya peregangan tubuh di pagi hari.
  • Saat melakukan olahraga jalan kaki untuk Ibu hamil, walaupun sudah mengenakan topi, segera cari tempat berteduh apabila terik matahari mulai membuat Ibu pusing. Hal ini guna menghindari terjadinya kepanasan yang berlebihan yang ditandai oleh pusing dan mual.
  • Keringat yang terus keluar akibat pergerakan fisik dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengganti cairan tubuh dengan sesekali minum air yang sudah Ibu bawa.
  • Agar lebih menyenangkan dan tidak cepat bosan, coba cari teman atau partner olahraga. Dengan demikian, diharapkan Ibu akan lebih bersemangat menjalani olahraga sehari-hari.

Jangan lupa untuk terus menjaga kondisi dengan melakukan olahraga Ibu hamil dan mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kondisi fisik dan mental yang optimal akan mendukung perasaan nyaman dan senang selama kehamilan, sehingga Si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review