Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Omega-3 dan Omega-6 dalam Asupan Gizi Balita

Omega-3 dan Omega-6, Lemak Baik untuk Si Kecil

 

Apakah Moms berpikir lemak itu tidak baik untuk kesehatan Si Kecil? Makanan berlemak itu hanya akan meningkatkan risiko obesitas pada anak. Bisa jadi itu yang terbersit dalam benak Moms. Namun, tidak semua lemak itu jahat. Sejumlah jenis lemak justru diperlukan dalam asupan gizi balita.

Selasa, 10 Juli 2018

Menurut Institute of Medicine, untuk balita berusia 1-3 tahun, 30-40% asupan kalori hariannya perlu berasal dari lemak, atau sekitar 33 gram lemak per hari untuk setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi.

Jenis lemak baik untuk Si Kecil adalah omega-3 dan omega-6. Keduanya termasuk dalam polyunsaturated fatty acids (PUFA), atau asam lemak tak jenuh ganda yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga diperlukan asupan tambahan untuk memenuhinya. Kedua asam lemak tersebut kaya akan manfaat berikut ini.

  • Kedua lemak ini membantu mengurangi dan menjaga kadar kolesterol dalam darah.
  • Omega-3 banyak berperan penting untuk pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan memori dan fungsi otak, yang dapat memengaruhi perkembangan kecerdasan anak.
  • Omega-6 membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut; pertumbuhan tulang; serta metabolisme dan sistem reproduksi.
  • Membantu tekanan darah dan kadar gula darah tetap stabil sehingga menurunkan risiko sakit jantung dan diabetes.

Apa saja makanan yang bergizi untuk balita yang mengandung omega-3 dan omega-6? Berikut beberapa sumber makanan yang kaya akan kedua lemak baik tersebut dan dapat dimasukkan ke menu harian Si Kecil.

  • Ikan

Ikan laut seperti salmon, kembung, dan tuna, mengandung asam lemak Omega-3 dan Omega-6. Konsumsilah dua potong ikan setiap minggunya.

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Keduanya merupakan jenis makanan lemak polyunsaturated yang kaya akan serat, protein, omega-3, dan omega-6. Moms dapat memberikannya pada Si Kecil sebagai camilan dua kali per harinya. Si Kecil bisa diberikan kacang mete, almond, biji bunga matahari, atau biji labu. Kalau Si Kecil tidak suka mengonsumsinya secara langsung, Moms bisa menambahkan biji-bijian dalam makanan favoritnya.

  • Minyak Nabati

Minyak nabati tidak cuma dipakai untuk menggoreng bahan makanan, namun bisa menjadi bahan saus salad atau olesan roti maupun camilan lainnya. Sejumlah minyak nabati mengandung omega-3 dan omega-6, seperti minyak zaitun, wijen, jagung, dan kanola. Mulai sekarang gunakan satu sendok makan minyak sayur ini untuk membuat hidangan Si Kecil.

  • Alpukat

Selain mengandung lemak baik, buah yang satu ini juga kaya akan serat dan potasium di dalamnya. Happy Moms dapat menyajikannya bersama makanan utama atau camilan Si Kecil. Alternatif lain adalah menjadikan alpukat menjadi jus agar lebih mudah dinikmati oleh Si Kecil.

  • Susu

Omega-3 dan omega-6 juga banyak ditemukan dalam susu Si Kecil. Si Kecil direkomendasikan rutin minum susu sebanyak 2-3 kali/hari. Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri dapat menjadi pilihan Moms. Selain diperkaya dengan 12 vitamin, 7 mineral, minyak ikan, omega-3, dan omega-6; susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun ini juga mengandung Lactobacillus reuteri untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Melihat manfaatnya, Moms tidak perlu ragu lagi untuk memasukkan lemak baik dalam asupan gizi balita. Mulai berikan makanan yang mengandung omega-3 dan omega-6 untuk dukung Si Kecil tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Grow Happy!    

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.