Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Patahkan 5 Mitos Seputar Berat Badan saat Hamil

(0 review)

Begitu memasuki awal trimester kehamilan, bisa jadi selera makan Ibu malah berkurang karena perut terasa mual akibat menghirup aroma makanan tertentu. Pernah mengalami hal ini, Bu? Padahal menurut saran dari keluarga atau teman, saat hamil Ibu perlu makan lebih banyak supaya Si Kecil di dalam kandungan tetap sehat. Lalu, apakah hal ini benar atau jangan-jangan cuma mitos? Nah, supaya Ibu dapat menjalani masa kehamilan dengan nyaman, cari tahu lebih dulu fakta-fakta seputar berat badan Ibu hamil di sini, yuk!

Kamis, Mei 18th, 2017

Mitos 1: Ibu Hamil Harus Makan Dua Kali Lebih Banyak

Faktanya, saat hamil kebutuhan nutrisi dan energi Ibu memang meningkat. Namun, menurut standar Angka Kecukupan Gizi Indonesia, Ibu hamil hanya membutuhkan tambahan energi sekitar 180-300 kilo kalori per harinya. Tambahan kalori ini setara dengan segelas susu skim (rendah lemak) dan setengah porsi roti isi, lho. Jadi, kurang tepat bila Ibu hamil harus mengonsumsi dua porsi menu makanan sekaligus untuk mencukupi nutrisi Ibu dan janin.

Supaya asupan nutrisi selama kehamilan bisa terpenuhi, yang perlu Ibu lakukan adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, baik itu menu makan besar maupun camilan. Namun, bila Ibu merasa kurang yakin apakah kenaikan berat badan Ibu hamil tiap trimester sudah ideal, sebaiknya lakukan pemantauan secara rutin dengan dokter atau bidan, ya.

Mitos 2: Kenaikan Berat Badan yang Tidak Signifikan Memudahkan Ibu saat Melahirkan 
Kenaikan berat badan yang ideal di masa kehamilan dapat mengurangi risiko munculnya diabetes gestasional dan mendukung proses persalinan normal. Sebaliknya, berat badan saat hamil berada di bawah batas ideal, dapat menyebabkan Ibu dan janin kekurangan gizi, serta meningkatkan risiko kelahiran prematur dengan berat badan bayi kurang dari 2,5 kg yang dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru dan jantung. Jadi, sebaiknya saat hamil Ibu perlu memantau kenaikan berat badan di tiap trimester, agar Ibu dapat memastikan Si Kecil tumbuh dengan optimal dan lahir dengan kondisi yang sehat.

Mitos 3: Minum Kopi Membahayakan Kesehatan Janin

Ini hanya mitos, menurut informasi dari salah satu ahli kesehatan di University of North Carolina at Chapel Hill. Belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa minum kopi dapat mengganggu kesehatan janin, menyebabkan Si Kecil lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Begitu juga menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), yang menyebutkan bahwa konsumsi kafein di bawah 200 mg dalam sehari tidak memberikan pengaruh buruk bagi janin. Namun, sebaiknya Ibu tetap membatasi minuman yang mengandung kafein ini, misalnya maksimal sebanyak satu cangkir kopi per hari. Pasalnya, saat mengandung, Ibu lebih membutuhkan asupan air mineral yang cukup dalam tubuh agar tidak dehidrasi.

Mitos 4: Apakah Makan Karena Ngidam Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil?

Perlu dicatat bahwa ngidam itu bukan salah satu indikator Ibu kekurangan gizi, lho. Sering kali Ibu hamil ngidam karena sedang ingin mengonsumsi makanan tertentu saja. Namun, sebaiknya pastikan makanan yang ingin dikonsumsi itu bernutrisi, dan tidak mengandung zat adiktif yang kurang baik untuk kesehatan tubuh Ibu dan janin.

Mitos 5: Ibu yang Sehat Selalu Menjalani Kehamilan dengan Nyaman

Dengan menjaga kesehatan selama mengandung, Ibu tentunya dapat membuat kondisi tubuh menjadi tetap bugar, meningkatkan mood jadi lebih happy, dan mendukung kesehatan janin. Namun, faktanya beberapa keluhan seperti mual, nyeri ulu hati, dan sembelit wajar terjadi saat hamil. Kabar baiknya, hal ini dapat dikurangi dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi. Ingin tahu apa saja makanan bernutrisi yang tepat untuk Ibu hamil dan tips lain seputar kehamilan yang sehat dan bahagia? Ibu bisa dapatkan infonya di Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat.

Nah, setelah menyimak beberapa fakta tentang berat badan Ibu hamil ini, sekarang Ibu sudah tidak merasa was-was lagi kan? Semoga informasi ini dapat membantu Ibu untuk menjalani momen kehamilan dengan happy, ya. Ibu hamil yang bahagia tentu dapat mendukung Si Kecil tumbuh dengan sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review