Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ini Salah Satu Cara Mendidik Anak Usia Dini

Pengalaman Pertama Naik Kereta

(0 review)

Naik kereta api, mungkin bukan menjadi pilihan transportasi yang nyaman saat liburan ke luar kota bersama Si Kecil. Untuk menghemat waktu di perjalanan, kebanyakan orang tua lebih memilih mengajak Si Kecil naik pesawat terbang atau menggunakan mobil pribadi jika jarak kota yang dituju tidak terlalu jauh.

Selasa, April 26th, 2016

Namun, dengan mengajak anak naik kendaraan umum, Ayah bisa membantunya belajar dan mendukung tumbuh kembangnya, lho. Mulai dari mengenal jenis transportasi umum, belajar bersosialisasi dengan penumpang lain, melatih disiplin untuk naik bergantian, dan juga jadi salah satu cara mendidik anak usia dini  agar ia berani menjelajah tempat baru.  

Nah, jika suatu hari Ayah ingin mengajak Si Kecil berlibur dengan naik kereta, pastikan perjalanan ini terasa nyaman dan menyenangkan baginya. Bagaimana caranya? Yuk, intip beberapa tips di bawah ini!

Istirahat yang Cukup
Agar Si Kecil tidak rewel dalam perjalanan, sebaiknya ia mendapatkan waktu tidur yang cukup sebelum berangkat esok hari. Bila perlu, Ayah dapat membujuk anak tidur lebih awal dan katakan bahwa ia akan diajak liburan ke luar kota naik kereta.  

Lakukan Perjalanan Di Luar Musim Liburan
Hindari melakukan perjalanan di musim liburan, dengan begitu ia cukup leluasa untuk mengeksplorasi di sekitar gerbong dan lebih nyaman untuk menikmati pemandangan dari jendela. 

Bawa Camilan Secukupnya
Kondisi perut yang lapar bisa membuat Si Kecil rewel selama di perjalanan. Jadi, sebelum berangkat Ayah siapkan juga camilan untuk dibawa di dalam tas, misalnya biskuit, cokelat, atau mungkin roti isi yang dibuat di rumah. Meskipun kereta api memiliki fasilitas restorasi (restoran di dalam gerbong), namun belum tentu menu makanan yang ditawarkan disukai oleh Si Kecil. 

Ubah Posisi Tempat Duduk Menjadi Berhadapan
Untuk perjalanan jauh ke luar kota dengan kereta api, Ayah dapat mengubah posisi tempat duduk menjadi berhadapan. Ini bisa dilakukan jika pergi ber-3 atau ber-4, ya. Selain memberi ruang cukup di antara tempat duduk untuk menyimpan stroller, juga mencegah kemungkinan Si Kecil menendang-nendang bagian belakang bangku di hadapannya yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Jangan Lupa Bawa Mainan Favorit
Pemandangan dari jendela gerbong yang tampak seperti ‘berlari’ selalu menarik perhatian Si Kecil. Tapi, bila perjalanan ditempuh dalam waktu yang lama bisa jadi membuatnya bosan. Untuk itu, Ayah dapat membawa mainan kesayangan Si Kecil seperti boneka atau mobil-mobilan, agar ia tetap happy selama di perjalanan.  

Bawa Jaket atau Selimut Kecil
Ini juga hal yang tidak boleh dilupakan saat mengajak anak pergi naik kereta, karena AC di dalam gerbong bisa terasa dingin bagi Si Kecil, terutama bila perjalanan dilakukan di waktu pagi dan malam hari.  

Dengan membaca beberapa tips tadi, sekarang Ayah tidak merasa khawatir lagi bila mengajak Si Kecil liburan naik kereta, kan? Tentunya, perjalanan naik kereta akan memberi banyak pengalaman baru untuk Si Kecil yang dapat mendukung tahap perkembangan anak. Yuk, siap-siap berkemas dan nikmati waktu berkualitas bersama Si Kecil dengan naik kereta

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review