Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Kaitan Gerakan Tutup Mulut Si Kecil dan Pertumbuhannya

Pengaruh GTM Terhadap Tumbuh Kembang Si Kecil

 
Si Kecil mulai GTM? Tenang, Bunda. Berikut trik atasi gerakan tutup mulut anak!

Kamis, 5 Maret 2020

GTM atau Gerakan Tutup Mulut umumnya menjadi hal yang dikhawatirkan setiap Bunda, terutama di periode emasnya. Mengapa demikian? Bunda tentu khawatir saat si Kecil susah makan, berat badannya akan turun, bahkan pertumbuhannya menjadi tidak optimal. Memangnya, apa hubungannya?

Penyebab GTM dan Risikonya
Penyebab GTM pada masa perkembangan bayi 6 bulan bisa bermacam-macam. Si Kecil mungkin bosan terhadap jenis makanan tertentu, sedang tidak enak badan, merasa tidak lapar, hingga trauma terhadap proses makan atau bahan makanan tertentu.
Saat menghadapi Si Kecil yang susah makan ini, orang tua kerap panik dan bingung. Hal ini mungkin membuat Bunda akhirnya memperbolehkan Si Kecil pun melahap camilan sebanyak mungkin sehingga mengabaikan makanan utama. Hal ini berisiko membuat kebutuhan nutrisi Si Kecil tidak tercukupi, sehingga ia sulit mencapai grafik pertumbuhan ideal sesuai usianya.
Ketika berat badan Si Kecil tak kunjung naik, ia juga berisiko gagal tumbuh, Bunda. Bila hal ini terjadi, sebaiknya Bunda langsung berkonsultasi dengan dokter anak yang biasa dikunjungi untuk mendapatkan saran dan solusi.
 
Jaga Pertumbuhan Si Kecil Tetap Optimal
Bila Si Kecil berada dalam fase gerakan tutup mulut, Bunda harus tetap tenang. Ada beberapa yang bisa dilakukan agar pertumbuhan Si Kecil tetap baik. Kuncinya, berikan Si Kecil asupan yang mengandung Zat Besi, serta Vitamin dan Mineral dengan kadar cukup tinggi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.
Balita dan anak-anak yang lebih besar harus didorong untuk makan makanan yang mengandung Zat Besi seperti daging merah, unggas, ikan, serta sayuran seperti bayam dan brokoli. Bunda juga direkomendasikan untuk memberikan makanan yang mengandung Vitamin C, seperti tomat dan buah jeruk, untuk mengoptimalkan penyerapan Zat Besi dalam tubuh Si Kecil.

Sebagai rekomendasi, Bunda dapat menyiapkan semangkuk CERELAC untuk mendukung kebutuhan nutrisi harian Si Kecil.  Nestlé CERELAC bubur sereal merupakan MPASI terfortifikasi yang ditambahkan 11 Vitamin dan 5 Mineral, serta Omega-3 dan Omega-6. Nestlé CERELAC bubur sereal juga tinggi Zat Besi yang dapat memenuhi hingga 65% angka kecukupan gizi (AKG) Si Kecil. Padat nutrisi untuk Si Kecil yang sedang mengalami gerakan tutup mulut ya, Bunda.

Sumber:

https://www.mydr.com.au/kids-teens-health/iron-deficiency-anaemia-in-children

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Cari

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.