Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Kiat Menyiapkan Susu untuk Anak 1 Tahun

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Menyiapkan Susu Si Kecil

 

Masa depan Si Kecil dapat dipengaruhi oleh kecukupan nutrisi yang diperolehnya saat masa pertumbuhan. Apalagi, di dua tahun pertama ia mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil, Ibu dapat memberikannya susu pertumbuhan. Sayangnya, masih ada beberapa cara penyajian susu yang kurang tepat. Hal ini berisiko mengurangi manfaat susu. Lalu, bagaimana cara menyiapkan susu untuk anak 1 tahun ke atas? Informasinya bisa Ibu simak di bawah ini.

Sabtu, 29 September 2018

 

1. Cuci Gelas dan Sendok Hingga Bersih

Sistem kekebalan tubuh Si Kecil belum sekuat orang dewasa. Itu sebabnya gelas dan peralatan makan yang digunakannya perlu dicuci hingga bersih sebelum digunakan. Kebersihan gelas saat membuat susu pertumbuhan sangat penting untuk mengurangi kemungkinan Si Kecil terkena infeksi, terutama diare.

Profesor dari fakultas Environmental Microbiology at the University of Arizona, Charles Gerba, Ph.D., menyarankan Ibu mencuci gelas dengan air panas untuk meminimalkan bakteri tinggal dan berkembang biak di dalamnya. Bila Si Kecil minum segelas susu sebelum tidur, di malam harinya Ibu bisa membersihkan gelas yang sudah digunakan dengan menuangkan air panas ke dalamnya. Lalu, masukkan satu sendok teh baking soda, aduk dengan rata, dan biarkan hingga semalaman. Esok harinya, cuci gelas hingga bersih dan keringkan menggunakan lap bersih.

 

2. Selalu Gunakan Air Hangat

Gunakan air matang hangat yang baru direbus saat menyiapkan susu untuk Si Kecil. Biarkan suhu air turun hingga 45° atau hangat suam-suam kuku. Ibu, tidak disarankan melarutkan susu menggunakan air dengan suhu lebih dari 70°C. Menurut European Society of Pediatric Gastroenterology, Hepatology, and Nutrition, air yang dipanaskan hingga suhunya lebih dari 70°C berpotensi mengurangi kualitas nutrisi di dalam susu pertumbuhan.

 

3. Ikuti Petunjuk di Kemasan

Salah satu cara menyiapkan susu untuk anak 1 tahun ke atas adalah dengan memastikan takarannya sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label kemasan. Setiap produk susu pertumbuhan bisa jadi memiliki takaran saji yang berbeda, Bu. Untuk itu, Ibu disarankan membaca petunjuknya dengan teliti.

Selalu masukkan air hangat ke dalam gelas terlebih dahulu, sebelum menuangkan susu bubuk. Lalu, sebaiknya jangan menambahkan bubuk susu pertumbuhan melebihi takaran seharusnya. Sebab, hal ini berisiko menganggu kesehatan pencernaan Si Kecil, seperti konstipasi.

 

4. Segera Habiskan

Susu pertumbuhan yang sudah dibuat harus segera diberikan kepada Si Kecil, setidaknya dalam waktu satu jam. Lebih dari waktu ini, dikhawatirkan susu dapat terpapar oleh bakteri. Jika Si Kecil tak sanggup menghabiskannya, sebaiknya buang sisa susu dan segera bersihkan kembali gelas yang digunakan.

 

Bagaimana, Bu? Menyiapkan susu untuk anak 1 tahun, dan susu untuk anak 2 tahun  ke atas, memang tak mudah dan diperlukan ketelitian. Namun, dengan melakukan kiat-kiat di atas, Si Kecil dapat memperoleh manfaat penuh dari susu. Dengan begitu, Ibu dapat mendukung Si Kecil tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif, dan bahagia. Grow Happy!

 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.