Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Perkecil Risiko Masalah Kesehatan Akibat Kurang Tidur

 

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan bagi Si Kecil. Hal ini disebabkan oleh proses metabolisme tubuh di waktu tidurnya berkurang. Akibatnya tubuh mudah lelah, sulit berkonsentrasi, dan dapat mengganggu tahap tumbuh kembangnya. 

Rabu, 3 Agustus 2016

Lalu berapa besar risiko gangguan kesehatan yang timbul, dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini, Bu. 

Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Tidur
Seperti informasi yang dipublikasikan dalam halaman jurnal kesehatan healthychildren.org, Si Kecil yang mengalami gangguan tidur di waktu malam dan sulit tidur di siang hari, dapat memperbesar timbulnya masalah kesehatan: 

•    Kecemasan 
Masalah kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan kecemasan, akibat naiknya produksi kortisol atau hormon penyebab stres dalam tubuh. 

•    Obesitas
Berkurangnya waktu tidur dapat mengganggu kerja hormon yang berfungsi mengontrol selera makan. Akibatnya Si Kecil lebih mudah lapar dan mendorong keinginannya untuk makan dalam porsi berlebih.
 
•    Diabetes

Berdasarkan studi dari American Diabetes Association, kurangnya rutinitas tidur pada Si Kecil berhubungan dengan berkurangnya produksi hormon insulin dalam tubuhnya. Ini bisa memperbesar risiko penyakit diabetes. 

•    Daya Tahan Tubuh Berkurang
Tubuh Si Kecil yang mengalami kekurangan waktu tidur dapat mengganggu tubuh untuk meningkatkan sistem imun. 

•    Hiperaktif
Risiko hiperaktif dua kali lebih besar terjadi pada Si Kecil yang tidak memiliki rutinitas tidur yang cukup. 

Cara Atasi Kesulitan Tidur
Si Kecil yang kurang tidur akan meningkatkan risiko lebih besar untuk mengalami masalah kesehatan. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan agar Si Kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup. Di usia 3-5 tahun, rutinitas tidur yang dibutuhkannya sekitar 11-12 jam, seperti yang direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).  

Beberapa cara yang bisa dilakukan Ibu untuk mengajak Si Kecil tidur misalnya, membuat jadwal tidur, membacakan dongeng, memandikannya dengan air hangat, menyiapkan selimut atau boneka favoritnya, mematikan TV, dan juga memberikannya segelas susu Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri  yang hangat sebelum tidur. Selain dapat membantunya lelap tertidur, kandungan zink di dalamnya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. 

Tidak terlalu sulit kan Bu, memastikan Si Kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup? Yuk, ajak Ibu lainnya untuk lebih memperhatikan rutinitas tidur Si Kecil, agar dirinya terbebas dari masalah kesehatan!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.