Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Psikologi perkembangan otak anak dipengaruhi oleh waktu tidurnya.

Perkembangan Otak Si Kecil saat Tidur

(0 review)

Setelah Si Kecil hadir di tengah keluarga, mungkin Ibu menyadari bahwa ada yang berbeda, yaitu waktu tidur yang jadi sedikit berubah. Bangun di tengah malam untuk memberi ASI pada sang buah hati menjadi hal yang lumrah. 

Selasa, April 26th, 2016

Bagi Ibu baru, awalnya mungkin masih belum terbiasa dengan siklus tidur baru ini, ya. Sebenarnya apa yang menyebabkan Si Kecil sering bangun di malam hari dan malah terjaga di siang hari? Apa ada hubungannya dengan psikologi perkembangan anak ? Nah, supaya lebih jelas, simak penjelasan  berikut, yuk!

Siklus Tidur Si Kecil

Tidur adalah kebutuhan setiap manusia, namun tentu dengan durasi yang berbeda-beda tergantung usia. Waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa dengan anak-anak usia di bawah 5 tahun tidaklah sama. Ya, Si Kecil membutuhkan tidur yang cukup untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otaknya. Siklus tidur yang dialami Si Kecil memang membutuhkan waktu untuk dapat berkembang dengan baik.

Di usia 6 minggu, siklus ini baru mulai berkembang, sehingga ia masih sering terbangun dan terjaga dalam waktu yang cukup singkat. Di usia 3 hingga 6 bulan, Si Kecil sudah mulai memiliki siklus tidur yang tetap, sehingga Ibu lebih bisa memprediksi waktu tidurnya. Pada usia di atas satu tahun, di mana ia sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya, Si Kecil membutuhkan sekitar 12-14 jam tidur dalam waktu 24 jam. Biasanya waktu tidurnya terbagi menjadi tidur malam dan tidur siang yang lebih singkat.

Perkembangan Otak saat Tidur

Selama tidur, otak Si Kecil dapat beristirahat dan merangsang hormon pertumbuhan. Menurut penelitian para ahli, tingginya kadar hormon pertumbuhan erat hubungannya dengan kondisi fisik Si Kecil. Hormon ini dapat merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh. Selain itu, dapat membantu tubuh Si Kecil dalam memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel, terutama saraf otak. 

Terdapat dua jenis tidur :

• Non-Rapid Eye Movement (NREM) atau bisa disebut tahap tidur tenang. Suplai darah ke otot-otot akan meningkat, energi akan kembali pulih, terjadi pertumbuhan dan perbaikan jaringan, dan pada saat ini, hormon pertumbuhan akan dilepaskan.
• Rapid Eye Movement (REM) atau tahap tidur aktif. Otak akan lebih aktif dan aliran darah ke otak akan meningkat. Tubuh tidak bergerak, napas lebih teratur, dan detak jantung tidak teratur.

Tingginya komponen tidur REM pada Si Kecil, menunjukkan stimulasi yang terjadi di otak juga berlangsung lebih maksimal. Stimulasi ini tentulah amat penting bagi pertumbuhan sistem susunan saraf pusat Si Kecil. 

Tidur dapat meningkatkan imun Si Kecil terhadap infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu menjaga agar ia tak kekurangan waktu tidur. Hal tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan kadar sel darah putih dalam tubuh menurun, sehingga ia akan mudah sakit dan pertumbuhannya pun terganggu. 

Tips untuk Menjaga Waktu Tidur Si Kecil

Untuk membantu Ibu menjaga waktu tidur Si Kecil, ikuti tips praktis berikut:
•    Pertahankan jadwal tidur yang teratur dan konsisten.
•    Buat rutinitas tidur yang santai dengan suasana tidur yang nyaman, sejuk, dan tenang.
•    Sebelum tidur, siapkan segelas susu hangat Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri  yang mengandung Asam Linoleat (Omega 6) dan Asam Alfa-Linolenat (Omega 3), serta berbagai vitamin dan mineral yang dapat mendukung pertumbuhannya.

Yuk, share artikel ini agar para Ibu lainnya mengerti kebutuhan Si Kecil akan tidur lelap!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review