Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Pilih kegiatan dan permainan yang bisa menjadi cara membuat anak cerdas

Permainan Cerdas untuk Eksplorasi Si Kecil

(0 review)

Si Kecil sudah pintar melakukan apa sekarang, Yah? Wah, senangnya ketika ia sudah bisa diajak bermain bersama, mulai dari kegiatan fisik seperti bermain di taman dengan bola atau sepeda roda tiga, hingga melakukan berbagai kegiatan di dalam ruangan yang bisa bantu mengembangkan kecerdasan otaknya.

Selasa, April 26th, 2016

Tentunya, keterampilan dan kemampuan Si Kecil perlu diasah, karena akan menjadi aset berharga bagi kehidupannya kelak. Nah, kedua hal tersebut bisa ditingkatkan dengan cara berlatih sejak dini.  

Sebagai orang tua, tentu Ayah menginginkan yang terbaik untuk Si Kecil, termasuk untuk perkembangan kecerdasan otaknya. Di sinilah peran Ayah untuk membantu mengembangkan tingkat kecerdasannya. Ingat, hal ini sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pola asuh yang diterima oleh Si Kecil. Jadi, siapa lagi yang paling bisa menerapkan cara membuat anak cerdas  selain Ayah dan Ibu?

Berikan Si Kecil Kegiatan yang Mengasah Otak

Lalu, apa yang harus Ayah lakukan agar Si Kecil dapat tumbuh cerdas? Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan menyediakan kegiatan atau permainan yang dapat mengasah otak. Berikut ulasannya di bawah ini:

Bermain Puzzle 

Permainan puzzle atau menyusun potongan gambar adalah permainan yang cukup populer untuk anak-anak berbagai usia. Untuk Si Kecil, Ayah dapat memilihkan kategori puzzle yang tidak terlalu sulit, misalnya yang memiliki di bawah 10 keping. Seiring berkembangnya kemampuannya, Ayah dapat pilihkan puzzle yang tingkat kesulitannya semakin tinggi. 

Permainan ini dapat menstimulasi otak Si Kecil karena membuatnya merasa tertantang untuk menyelesaikan potongan puzzle menjadi suatu kesatuan gambar. Selain itu, bermain puzzle berguna untuk melatih kemampuan kognitif, penyelesaian masalah, dan perkembangan motorik anak. Kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya ketika ia berhasil menyelesaikan gambar. Untuk lebih menarik perhatiannya, pilihkan puzzle dengan gambar menarik, misalnya karakter kartun favoritnya.

Bacakan Aneka Buku 

Kegiatan berikutnya yang dapat membantu perkembangan kecerdasan Si Kecil adalah membaca. Membacakan buku secara rutin selama 20 menit sehari dapat menumbuhkan minat membaca Si Kecil. Selain itu, ia juga akan menyerap pengetahuan dari buku dengan mendengarkan. Ayah juga dapat mengajarkannya membaca secara baik dan benar sejak dini. Kebiasaan ini juga dapat membuat ia belajar meningkatkan kemampuan berkomunikasinya seperti membaca, mendengarkan, dan berbicara.

Mulailah dengan buku sederhana dengan gambar yang menarik. Biasanya, buku tahap awal ini hanya memiliki sedikit kata-kata, namun penting untuk membangun kosakata Si Kecil, misalnya buku pengenalan nama binatang atau buah-buahan. Selanjutnya, Ayah dapat membacakan buku yang sudah mulai memiliki cerita sederhana, seperti kisah binatang atau pengetahuan umum untuk anak.

Buat Dekorasi Album Foto Keluarga 

Saat usia Si Kecil sudah semakin besar dan kemampuannya semakin berkembang, ajak ia untuk menyusun foto keluarga dalam sebuah album. Selain untuk lebih mengenal anggota keluarganya, ia juga dapat menggunakan imajinasinya untuk membuat kreasi dengan foto keluarga. Pandu ia saat memilih dan menempel foto-foto, sambil mengajaknya bercerita tentang foto yang ia pilih. Hal ini dapat membantu kemampuannya berkomunikasi.

Dukung juga kecerdasan otak SI Kecil dengan mencukupi kebutuhan gizinya. Berikan ia Nestlé LACTOGROW 4 HappyNutri dua kali sehari, karena pada usia 3‐5 tahun ini, Si Kecil mulai banyak beraktivitas, sehingga saluran cernanya harus sehat agar nutrisi dapat terserap optimal. LACTOGROW 4 diperkaya dengan Probiotik Lactobacillus Reuteri untuk membantu mempertahankan fungsi saluran cerna, serta kalsium, zat besi dan 11 vitamin dan 8 mineral untuk tumbuh kembangnya. Si Kecil siap tumbuh untuk jadi anak yang sehat dan cerdas

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review