Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Perkembangan bayi 4 bulan ditandai dengan adanya perubahan pola tidur Si Kecil. Berikut tips menghadapinya.

Perubahan Pola Tidur Bayi 4 Bulan

 

Salah satu perkembangan bayi 4 bulan adalah pola tidurnya yang mulai berubah. Mulai usia empat bulan, pelan-pelan Si Kecil akan memiliki pola tidur yang lebih teratur dan tidak akan terbangun di malam hari.

Senin, 24 September 2018

Menurut Danny Lewin, Ph.D., selaku wakil direktur bagian terapi tidur anak di National Children’s Medical Center, Washington D.C., bayi biasanya akan mulai tidur lebih lama di usia 4-6 bulan. Setelah 6 bulan, waktu tidurnya baru akan stabil selama 8 jam. Perlu dicatat bahwa setiap anak memiliki fase pertumbuhan yang berbeda-beda. Jadi Bunda tidak perlu panik jika Si Kecil masih suka bangun di malam hari, meskipun sudah berusia lebih dari enam bulan.

Namun Bunda tetap disarankan untuk mulai mengenalkan jam tidur pada Si Kecil sejak ia berusia empat bulan. Berikut beberapa cara yang bisa Bunda coba terapkan agar pola tidur Si Kecil lebih teratur dan berkualitas.

1. Ajak Si Kecil Tidur Siang Setiap Hari

Berikan Si Kecil waktu untuk tidur siang setiap hari. Menurut Marc Weissbluth, M.D., dokter anak dan penulis Healthy Sleep Habits, Happy Child, sebagian besar bayi berusia 5-12 bulan akan lebih mudah tidur di malam hari bila mendapatkan waktu tidur pada siang harinya.

2. Hindari Aktivitas Mendekati Waktu Tidur

Sebagian Bunda menganggap bayi yang diajak bermain menjelang tidur akan mudah tertidur karena kelelahan. Padahal, aktivitas dapat menyebabkan Si Kecil sulit tidur, seperti dinyatakan oleh Deborah Givan, M.D., direktur dari Children's Sleep Disorders Center di Riley Children's Hospital, Indiapolis, Amerika Serikat. Jadi, sebaiknya hindari kegiatan dan stimulasi aktif mendekati waktu tidur untuk mendukung perkembangan bayi 4 bulan.

4. Dengarkan Musik Lembut

Agar Si Kecil cepat tidur, Bunda perlu menciptakan suasana tenang di dalam kamar bayi. Usahakan Si Kecil tidak terganggu dengan suasana rumah yang sibuk atau suara kendaraan yang berisik. Untuk menenangkan Si Kecil, Bunda dapat memperdengarkan musik lembut atau white noise (misalnya suara alam). Saat ini, banyak pilihan lagu atau suara menenangkan khusus bayi yang bisa dipilih secara online.

4. Letakkan Si Kecil di Tempat Tidur

Pada umumnya Bunda akan menggendong Si Kecil untuk menidurkannya. Cara ini bisa saja berhasil, namun dapat membuat Si Kecil ketergantungan. Nantinya, jika tidak digendong, ia bisa jadi sulit untuk tidur. Jika Si Kecil tetap terjaga di malam hari, ada baiknya tidak langsung mengangkatnya. Coba tenangkan Si Kecil dengan menepuk-nepuknya lembut.

5. Buat Jadwal Tidur untuk Si Kecil

Teknik ini dapat membantu Bunda mengubah kebiasaan tidur Si Kecil dengan mengantarkannya tidur dan membangunkannya sesuai jadwal yang telah dibuat. Marc Weissbluth, M.D., dokter anak dan penulis Healthy Sleep Habits, Happy Child, menyebutkan bahwa bayi sebaiknya tidur lebih awal, di antara jam 6-8 malam, tergantung dari waktu tidur siangnya.

 

Perlu diketahui bahwa kurang tidur dapat memengaruhi berat badan anak. Dr. Elsie Taveras yang merupakan kepala pediatrik umum di Massachusetts General Hospital menyatakan bahwa kebiasaan tidur yang buruk berhubungan dengan munculnya obesitas pada anak. Oleh sebab itu, Bunda perlu mengetahui perkembangan bayi 4 bulan yang mulai berubah pola tidurnya. Lakukan berbagai tips di atas agar pola tidur Si Kecil kembali normal, sehingga tidurnya pun lebih berkualitas, dan perkembangan otaknya dapat berjalan optimal.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.