Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Atur resep makanan balita agar sesuai dengan komposisi piramida makanan.

Piramida Makanan Untuk Si Kecil

 

Seperti yang sudah Ibu ketahui, piramida makanan merupakan perbandingan komposisi jumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Mulai dari yang paling besar dibutuhkan oleh tubuh yaitu karbohidrat, vitamin & mineral, protein dan terakhir adalah lemak.

Selasa, 26 April 2016

Wah, senangnya ketika Si Kecil sudah mulai bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI, bahkan mencicipi makanan keluarga pilihan. Mulai dari makanan pendamping ASI usia 6 bulan, Ibu sudah harus bisa memastikan kebersihannya maupun cara menyiapkannya. Nah, apa Ibu sudah mencari berbagai resep makanan balita  yang menarik untuknya? Sebelum menyiapkan menu hariannya, Ibu perlu mengetahui tentang piramida makanan untuk Si Kecil.

Piramida Makanan
Seperti yang sudah Ibu ketahui, piramida makanan merupakan perbandingan komposisi jumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Mulai dari yang paling besar dibutuhkan oleh tubuh yaitu karbohidrat yang bisa didapatkan dari makanan pokok seperti nasi, lalu ditambah dengan vitamin & mineral dari buah dan sayuran, protein hewani maupun nabati, dan terakhir adalah lemak dari daging maupun susu.

Sistem ini tentu dapat Ibu terapkan ke dalam menu makanan sehari-hari untuk Si Kecil. Mulai kenali susunan piramida makanan yang mengandung gizi seimbang sesuai kebutuhan gizi Si Kecil. Kini Ibu bisa mencari informasi yang dibutuhkan dengan mudah, misalnya dengan mengakses website Awal Sehat Nestlé, yang berisi banyak panduan tentang nutrisi dan perkembangan Si Kecil.

Mengatur Komposisi Makanan Jadi Lebih Mudah
Namun, untuk memastikan agar Si Kecil tidak kekurangan ataupun kelebihan nutrisi, para ahli menyarankan untuk menggunakan simbol baru yang menggambarkan tentang piramida makanan. Hal ini sekaligus bertujuan untuk mempermudah pemahaman para Ibu dalam menerapkan pembagian komposisi makanan sehari-hari.

Kini, pemakaian “piramida makanan” telah beralih ke sebuah piring yang disebut sebagai Food Guide Plate, untuk mengetahui dengan tepat jumlah takaran makanan yang dibutuhkan oleh Si Kecil. Layaknya piramida terdahulu yang memiliki enam garis-garis vertikal mewakili pembagian lima kelompok makanan dari bawah ke atas, piring ini juga terbagi, yaitu menjadi empat bagian (yaitu sayuran, buah-buahan, biji-bijian atau serealia, dan protein) ditambah susu dengan kode warna biru.

Piring ini berguna sebagai panduan memenuhi piringnya dengan karbohidrat seperti nasi, pasta, gandum atau serealia, lalu protein seperti sepotong ayam, ikan dan daging, vitamin & mineral dari beberapa sendok sayuran, potongan buah, dan ditambah dengan segelas susu atau dua lembar keju. Nah, Ibu perlu memastikan bahwa buah dan sayuran mengisi hampir setengah piring, dengan porsi sayuran yang sedikit lebih banyak dari bagian buah. Selain itu, pastikan juga bahwa bagian karbohidrat atau serealia lebih besar dari bagian protein. Metode ini bertujuan untuk mencegah porsi protein yang berlebihan, sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang terlalu drastis.

Nutrisi Tambahan
Di luar komposisi piring tersebut, terdapat tambahan segelas susu yang juga merupakan kebutuhan penting untuk Si Kecil. Karena itu, penuhi kebutuhan nutrisinya dengan susu yang mengandung komponen esensial untuk tumbuh kembangnya. Berikan ia susu pertumbuhan Nestlé NANkid pHPro 3, yang mengandung 12 vitamin & 9 mineral kalsium, serta zat gizi makro dan mikro untuk Si Kecil usia 1-3 tahun. Dilengkapi juga dengan protein whey terhidrolisis parsial, yang merupakan protein berkualitas untuk mengawali masa depan hebatnya.

Ibu bisa klik di sini untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai Nestlé NANkid pHPro 3.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.