Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
rajin-konsumsi-besi-yuk

Rajin Konsumsi Besi, Yuk!

(0 review)

Bukan besi yang itu kok, Bu! Besi yang satu ini ini adalah mineral yang berfungsi untuk mengikat dan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Soalnya, jika kekurangan si besi, kita dapat terkena anemia. Akibatnya, tubuh tidak bisa memproduksi cukup hemoglobin sehingga darah tidak dapat menyebarkan oksigen dengan baik yang membuat tubuh mudah lelah.

Kamis, Mei 26th, 2016

Pada makanan, sumber zat besi terbagi ke dalam dua jenis. Pertama, heme yang berasal dari produk daging-dagingan dan mengandung hemoglobin. Sedangkan nonheme berasal dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kacang-kacangan.

Menurut data penelitian dari Food and Nutrition Board, Institute of Medicine pada tahun 2011, anak-anak berusia 1-12 tahun membutuhkan 7-10mg zat besi setiap harinya. Sedangkan untuk Ayah dan Ibu, masing-masing membutuhkan 8mg zat besi. Nah, berikut daftar makanan yang kaya zat besi  seperti dilansir oleh USDA National Nutrient Database.

  • Daging merah
    Makanan yang satu ini kaya akan zat besi heme yang lebih mudah diserap tubuh. Namun, Ibu harus tetap memperhatikan takarannya. Terlalu banyak mengonsumsi daging merah juga tidak baik bagi tubuh.
     
  • Bayam
    Konsumsi semangkuk kecil bayam rebus setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh pada zat besi. Sayuran hijau ini juga mengandung vitamin A dan C. Sayur bayam bening merupakan olahan yang paling sempurna untuk mencegah hilangnya nutrisi yang terdapat di dalamnya.
     
  • Kacang merah
    Jenis biji-bijian yang satu ini sangat kaya akan serat dan zat besi. Kacang merah juga sangat mudah ditemukan dan diolah. Misalnya dibuat sup, bubur, bahkan bisa disajikan menjadi es kacang merah yang segar.
     
  • Oatmeal
    Gandum termasuk jenis serealia terbaik. Makanan yang sering disajikan untuk menu sarapan ini bagus untuk kesehatan. Tambahkan potongan pisang, stroberi dan susu pada semangkuk oatmeal agar menu sarapan keluarga menjadi luar biasa.

Supaya penyerapan zat besi juga lebih optimal, jangan lupa untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, dan jambu biji. Ayo Bu, selalu masukkan makanan kaya besi agar keluarga tetap sehat!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review