Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Tips Membuat Jadwal Pemberian MPASI untuk Maksimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Rekomendasi Jadwal Pemberian MPASI untuk Si Kecil

 
Bunda, ketahui jadwal pemberian MPASI ideal untuk pertumbuhan si kecil.

Rabu, 4 Maret 2020

Melihat Si Kecil dapat tumbuh dengan sehat adalah harapan Bunda. Tentu hal ini bisa terwujud atas dukungan Bunda sendiri. Salah satu upaya yang bisa Bunda lakukan adalah merencanakan jadwal pemberian MPASI dan porsi makan sesuai kebutuhan Si kecil. Lalu, apa saja yang perlu Bunda perhatikan saat memberikan MPASI kepada Si Kecil? Yuk, simak penjelasan berikut ini, Bunda!

Porsi dan Isi MPASI yang Tepat untuk Si Kecil
Porsi makan bayi
per hari sebaiknya disesuaikan dengan usianya. Untuk usia 6-8 bulan, cukup dengan tiga kali makanan lumat dan ASI. Bunda bisa meningkatkan porsinya secara bertahap sampai memenuhi 2/3 mangkuk makannya untuk setiap kali makan.
Ketika Si Kecil sudah berusia 9-12 bulan, Bunda bisa menambah porsi makannya menjadi ¾ mangkuk untuk sekali makan. Selain itu, di samping memberikan MPASI tiga kali sehari, Bunda juga dapat memberikan camilan sebanyak dua kali di antara waktu makan utama.
Nah, ketika Si Kecil sudah genap 1 tahun, Bunda bisa mulai memberikan porsi makan semangkuk penuh ukuran 250ml, dengan jadwal makan yang sama dengan periode sebelumnya.
Perlu diingat, selain memerhatikan banyaknya porsi yang diberikan, pastikan juga makanan yang ada di piring Si Kecil mengandung Karbohidrat, Protein, serta nutrisi penting lainnya sesuai saran gizi seimbang Kemenkes RI ya, Bunda.

Jadwal Pemberian MPASI
Bunda perlu membuat jadwal makan Si Kecil agar ia dapat beradaptasi dengan perubahan jenis makanannya. Jadi, sistem pencernaan Si Kecil dapat turut beradaptasi. Membuat jadwal ini juga akan membiasakan Bunda dalam memberikan makan dengan waktu yang tepat.
Berdasarkan rekomendasi Kemenkes RI, jadwal makan bayi telah diatur dalam beberapa waktu. Bunda bisa ikut menerapkannya sesuai panduan berikut:
 

 

 

6-7 bulan

7-8 bulan

8-9 bulan

9-10 bulan

11-12 bulan

Pukul 06.00

Berikan Si Kecil ASI sampai ia merasa cukup.

Pukul 08.00

   

MPASI

(bubur susu)

MPASI

(nasi tim)

Pukul 09.00

MPASI (puree atau jus buah)

  

Pukul 10.00

   

Camilan (buah atau jus)

Pukul 12.00

ASI

MPASI (bubur susu)

  

Pukul 13.00

   

MPASI

(tim saring)

MPASI

(nasi tim)

Pukul 15.00

MPASI (puree atau jus buah)

Camilan (biskuit, dll)

Pukul 18.00

ASI

MPASI (bubur tim saring)

MPASI

(nasi tim)

Pukul 21.00

Berikan Si Kecil ASI sampai ia merasa cukup.

Untuk mendukung jadwal pemberian MPASI supaya tepat waktu dan nutrisinya seimbang, untuk memastikan jadwal pemberian MPASI Si Kecil tidak terganggu, Bunda dapat menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri sebagai bubur dasar Pasangan MPASI Homemade agar Bunda dapat menyiapkan bubur polos dengan cepat, mudah, dan dengan tekstur yang pas.

Bunda dapat mencampurkan kreasi Bunda CERELAC Risenutri untuk membuat MPASI homemade yang bergizi. CERELAC Risenutri merupakan bubur polos dengan tekstur yang pas untuk Si Kecil, sehingga bisa membantu Bunda membuat MPASI homemade dengan lebih mudah. CERELAC Risenutri juga diperkaya 10 Vitamin dan 6 Mineral, serta bantu memenuhi hingga 100% kebutuhan Zat Besi sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) Si Kecil.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Cari

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.