Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Ibu Hamil Saat Merencanakan Babymoon

Rencanakan Babymoon Aman & Menyenangkan untuk Ibu Hamil

 

Aktivitas atau rutinitas sehari-sehari Ibu hamil terkadang membuat jenuh dan memicu stres. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya Ibu mengambil jeda sebentar dan pergi berlibur dengan suami tercinta. 

Selasa, 9 Januari 2018

Momen babymoon ini bisa menjadi cara untuk melepas penat, sekaligus mempererat hubungan Ibu dan Ayah. Selagi merencanakan perjalanan, perhatikan beberapa tips Ibu hamil berikut agar babymoon Ibu dapat berjalan lancar dan menyenangkan.

1. Minta Saran Dokter Kandungan

Sebelum membeli tiket dan mengatur jadwal perjalanan, Ibu disarankan berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan seputar kondisi kesehatan Ibu dan Si Kecil saat ini. Setiap perjalanan, jarak jauh maupun dekat, memiliki risiko tersendiri, apalagi kondisi Ibu sedang hamil saat ini. American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) menyebutkan bahwa waktu paling aman untuk Ibu hamil melakukan perjalanan adalah ketika usia kandungan 18-24 minggu. Namun bukan berarti Ibu dilarang untuk melakukan perjalanan di trimester pertama atau ketiga. Hanya saja ada lebih banyak lagi pertimbangan kesehatan yang perlu diperhatikan, agar tidak ada risiko keguguran atau kelahiran prematur. Oleh karena itu, ada baiknya Ibu berkonsultasi ke dokter kandungan, apakah Ibu secara fisik sudah siap bepergian dan apa saja hal yang boleh atau tidak dilakukan sebelum/selama/sesudah babymoon.

2. Perhatikan Destinasi

Jarak destinasi liburan tentu jadi hal pertama yang dipertimbangkan. Perjalanan yang terlalu jauh mungkin dapat menguras energi Ibu hamil. Bisa jadi Ibu sudah lelah bahkan sebelum sampai tempat tujuan. Perhatikan juga kondisi dan suasana tempat liburan, mulai dari landscape, cuaca, hingga perkiraan jumlah wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Catatan penting, pastikan tersedia rumah sakit atau klinik yang bisa dikunjungi jika terjadi kondisi darurat. Menurut Kepala Kebidanan UCLA, Khalil Tabsh, cek juga apakah Ibu memerlukan imunisasi atau vaksin tertentu untuk bisa datang ke tempat tersebut. 

3. Pilih Perjalanan Darat atau Udara

Demi kesehatan Ibu hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Ibu melakukan perjalanan darat ataupun udara.  Jika memilih perjalanan darat dengan mobil pribadi, sering-seringlah berhenti untuk ke kamar kecil, serta meregangkan punggung dan kaki supaya tidak terjadi pembengkakan. Kencangkan sabuk pengaman Ibu hamil di bawah perut. Posisikan tali sabuk pengaman di antara payudara dan bahu agar perut Ibu tidak tertekan. 

Sementara jika Ibu hamil memilih penerbangan udara, menurut ACOG, Ibu hamil aman untuk terbang hingga usia kandungan mencapai 36 minggu. Pastikan Ibu banyak minum selama perjalanan agar tidak dehidrasi. Ibu juga harus rajin meregangkan kaki dengan cara berjalan atau berdiri di lorong. Selama penerbangan, Ibu juga bisa mengenakan stocking untuk mengurangi risiko pembekuan darah.

4. Tidak Sembarang Makan

Ketika babymoon, Ibu bisa jadi tergoda untuk mencoba beragam sajian kuliner di destinasi wisata. Hal ini boleh saja dilakukan asalkan Ibu tetap memerhatikan kandungan nutrisi dan kebersihan makanan untuk Ibu hamil. Menurut UT Southwestern Medical Centre, berikut hal-hal yang perlu perhatikan saat makan di luar: 

  • Hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol.
  • Saat mengonsumsi seafood, pastikan Ibu memesan hidangan yang mengandung lebih sedikit merkuri. Lebih baik batasi konsumsi seafood hingga 3-4 ons per sekali makan.
  • Hindari memilih keju lembut dan tidak mengalami proses pasteurisasi. Ibu hamil juga harus memastikan untuk tidak mengonsumsi daging mentah.
  • Hindari jajanan kaki lima atau masakan dari tempat yang kurang terjamin kebersihannya.

Semoga tips Ibu hamil tadi bisa membuat Ibu lebih menikmati momen liburan di destinasi favorit. Dengan begitu, Ibu dapat menjalani momen kehamilan dengan sehat dan menyenangkan, serta mendukung Si Kecil menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.