Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ajari Si Kecil untuk mengunyah makanan bayi dengan baik sebelum menelannya

Saluran Cerna yang Sehat Diawali dengan Mengunyah yang Baik

 

Ibu pasti selalu menginginkan yang terbaik untuk kesehatan Si Kecil, termasuk kesehatan pencernaannya. Rasanya tak tega jika harus melihatnya mengalami masalah seperti diare atau konstipasi.

Selasa, 26 April 2016

Ibu pasti selalu menginginkan yang terbaik untuk kesehatan Si Kecil, termasuk kesehatan pencernaannya. Rasanya tak tega jika harus melihatnya mengalami masalah seperti diare atau konstipasi. Untuk itu, tentu Ibu mencari cara agar sistem pencernaan Si Kecil bisa selalu sehat tanpa gangguan. Nah, tahukah Ibu bahwa kesehatan saluran pencernaan ternyata bermula dari kegiatan mengunyah yang baik? Apa hubungannya, ya?

Pentingnya Mengunyah dengan Baik

Ya, aktivitas mengunyah dengan baik sangat penting untuk kesehatan saluran pencernaan. Tapi pada kenyataannya, sebagian besar orang kurang memperhatikan hal ini karena dianggap tidak diperlukan atau tidak terlalu penting. Makanan hanya dikunyah beberapa kali, lalu langsung ditelan. Begitu juga ketika Ibu memberi makan Si Kecil. Agar kegiatan makan cepat selesai, mungkin Ibu malah membuatnya menelan makanan dengan terburu-buru. Padahal, mengunyah hingga makanan lumat sempurna dapat meringankan kerja sistem pencernaan Si Kecil dan mengurangi risiko pembentukan gas dalam lambung, lho.

• Membantu Proses Pencernaan Mekanis

Saat mengunyah secara benar, Si Kecil telah meringankan proses pencernaan secara mekanis dengan membagi makanan menjadi molekul yang lebih kecil lagi. Sehingga, ketika masuk ke dalam lambung, molekul makanan tersebut jadi bisa lebih mudah dicerna. Selain itu, kerongkongannya pun jadi tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendorong makanan ke bawah. Begitu juga dengan otot usus yang terasa lebih rileks karena tidak bekerja keras.

• Membantu Proses Pencernaan Kimiawi

Mengunyah tidak hanya membuat makanan mudah ditelan, namun juga sebagai sinyal untuk kelenjar ludah, lambung, dan usus kecil agar segera melepaskan enzim pencernaan. Ketika mengunyah yang benar, tubuh akan memproduksi lebih banyak cairan ludah sehingga dapat membantu menghancurkan partikel makanan dan mempermudah saluran pencernaan untuk menyerap nutrisi dalam makanan.

Begitu banyak manfaat yang terdapat dalam aktivitas mengunyah kan, Bu?

Ajari Si Kecil Mengunyah dengan Baik

Nah, apabila zat-zat makanan terlalu cepat melewati usus, nutrisi tidak akan dapat terserap dengan baik, sehingga akan mengakibatkan diare. Sebaliknya, jika sistem pencernaan sulit mencerna makanan, maka zat tersebut akan mengeras dan kering, sehingga terjadilah sembelit atau konstipasi. Dua hal inilah yang sering dialami oleh Si Kecil. Lalu, bagaimana caranya agar Si Kecil tidak mengalami gangguan pencernaan? Salah satunya tentu adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan.

Oleh karena itu, coba ajari Si Kecil untuk mengunyah makanannya dengan baik dan tak perlu terburu-buru. Untuk ia yang masih dalam tahap mengonsumsi makanan pendamping ASI usia 6 bulan  yang teksturnya masih tergolong lembut, mungkin tak membutuhkan waktu mengunyah yang terlalu lama. Namun, jika Si Kecil sudah beralih dari makanan bayi  ke makanan keluarga yang dipotong kecil, sebaiknya arahkan ia untuk mengunyah hingga makanan dalam mulutnya benar-benar lumat, baru kemudian ditelan.

Dengan mengajarinya mengunyah perlahan, Ibu telah membantu Si Kecil mengurangi kram perut, yang terjadi karena gas sehabis makan membuat perut terasa kurang nyaman. Cara lainnya untuk membantu meringankan kerja pencernan Si Kecil adalah dengan memberikannya asupan bubur susu Nestlé CERELAC, yang memiliki tekstur sesuai dengan saluran cernanya, sehingga aman untuk ia konsumsi. MP-ASI instan ini membantu mengoptimalkan kepadatan nutrisi, memiliki rasa manis alami, serta mudah ditelan dan dicerna. Yuk, segera coba

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.