Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Liburan untuk Ibu Hamil

Sebelum Babymoon, Persiapkan Beberapa Barang Ini

 

Memasuki kehamilan trimester kedua, Ibu mulai merasakan perubahan baru dalam tubuh. Terkadang, perubahan ini membuat Ibu jadi stres. Untuk menghindari hal itu terjadi, saatnya Ibu berlibur atau babymoon bersama Ayah. Ibu tidak perlu takut akan risiko berlibur saat hamil. Menurut the American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG), melakukan liburan di minggu ke-18 hingga ke-24 kehamilan aman bagi kesehatan Ibu dan janin.

Selasa, 9 Januari 2018

Namun, sebelum pergi Ibu tetap dianjurkan konsultasi ke dokter terlebih dulu untuk memastikan tidak ada risiko kelahiran prematur. Selain memastikan ke dokter, persiapkan perlengkapan liburan untuk Ibu hamil berikut ini supaya Ibu bisa berlibur dengan nyaman.

1. Makanan Sehat

Tentunya, Ibu hamil tidak boleh membiarkan perut kosong selama perjalanan liburan. Oleh sebab itu, Ibu perlu menyediakan sejumlah menu makanan sehat untuk dikonsumsi. Menurut situs kesehatan BabyCenter Inggris, camilan sehat diperlukan untuk mengurangi gejala mual atau morning sickness yang sering dialami Ibu hamil. Pilihlah camilan, seperti pisang, apel, sereal, dan produk olahan susu untuk dibawa traveling.

2. Air Minum

Ibu hamil perlu mengonsumsi air minum yang cukup saat mengandung, agar tubuh tetap terhidrasi. Oleh sebab itu, sediakan air mineral sekitar 2 liter selama perjalanan liburan. The Institute of Medicine, AS mengatakan Ibu hamil disarankan untuk meminum 8-10 gelas air mineral setiap hari. Selain air mineral, Ibu juga bisa mengonsumsi minuman, seperti jus, cokelat dingin, ataupun teh. Namun ingat, Bu, konsumsilah air mineral lebih banyak lagi ketika cuaca panas, ya. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah dehidrasi.

3. Tisu Basah & Anti-Bacterial Hand Gel

Terkadang, perjalanan menuju tempat liburan akan memakan waktu sepanjang hari. Ibu juga bakal mengunjungi sejumlah tempat yang belum tentu terjamin kebersihannya. Ada baiknya, Ibu selalu membawa tisu basah dan pembersih tangan anti kuman (anti-bacterial hand gel) di dalam tas. Gunanya untuk membersihkan tangan sebelum/sesudah makan. Hal ini dilakukan supaya Ibu hamil tidak mudah terinfeksi bakteri ataupun kuman penyebab penyakit.

4. Bantal Leher

Selama masa kehamilan, stamina Ibu bisa jadi berkurang. Hal ini membuat Ibu jadi mudah lelah dan mengantuk. Sayangnya, transportasi yang digunakan untuk perjalanan dan tempat yang dituju belum tentu nyaman bagi Ibu. Untuk itu, Ibu sebaiknya memasukkan bantal kecil ini sebagai salah satu perlengkapan Ibu hamil yang wajib dibawa.

5. Catatan Kesehatan

Setelah mencapai 28 minggu masa kehamilan, Ibu harus mendapatkan izin dari dokter kandungan untuk melakukan perjalanan. Terutama, untuk Ibu hamil yang mau berpergian dengan pesawat terbang. Beberapa maskapai penerbangan bahkan meminta surat rekomendasi dokter untuk melakukan perjalanan. Ibu hamil juga jangan lupa membawa buku catatan medis selama pergi berlibur. Ini supaya jika terjadi suatu masalah kesehatan, Ibu hamil bisa ditindaklanjuti sesuai dengan catatan medis. Dengan catatan ini, liburan bisa terasa lebih aman dan nyaman.

6. Kontak Orang Penting

Jangan lupa mencatat kontak orang-orang penting, seperti nomor telepon instansi gawat darurat, dokter kandungan, suami, dan keluarga dekat lainnya di beberapa tempat. Catat selain di dalam ponsel Ibu. Ketika handphone Ibu hilang, masih ada catatannya di tempat lain.

 

Bagaimana Bu, sudah siap melakukan liburan di kehamilan trimester kedua ? Dengan mengetahui info persiapan babymoon yang disebutkan di atas, Ibu tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati momen liburan. Tentunya meluangkan waktu berlibur saat mengandung dapat membantu Ibu untuk menghadapi masa kehamilan dengan happy, supaya Si Kecil kelak tumbuh sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.