Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Senam Hamil di Rumah

(0 review)

Sedang mengandung bukan berarti Ibu harus terus diam beristirahat atau berbaring. Sebaliknya, dengan berolahraga seperti melakukan senam kehamilan secara teratur, stamina Ibu akan terjaga sehingga tubuh lebih siap menjalani proses persalinan.

Rabu, 27 Juli 2016

Bagi Ibu yang tidak sempat untuk ikut mendaftar ke klub senam ibu hamil, berikut beberapa tips agar Ibu bisa dengan mudah dan praktis melakukan senam kehamilan sendiri di rumah.

Senam Kardio atau Aerobik
Lakukan gerakan yang mudah dan sederhana namun memacu detak jantung. Jantung yang berdetak cepat akan memompa darah keseluruh tubuh dengan lebih cepat pula, sehingga otot-otot akan mendapatkan oksigen lebih, begitu juga dengan Si Kecil di dalam rahim. Pastinya, melakukan senam kardio akan menjaga kesehatan Ibu hamil. Gerakan yang bisa Ibu coba salah satunya adalah step-up.

Untuk melakukan gerakan ini Ibu cukup menyediakan injakan yang lebih tinggi dari lantai seperti anak tangga. Ingat, jangan terlalu tinggi, apalagi jika kehamilan Ibu sudah cukup besar. Sebaiknya lakukan gerakan ini dekat dinding atau pegangan,  untuk tambahan keseimbangan. Nah, berdirilah di depan injakan, lalu naikkan kaki secara bergantian. Pastikan punggung selalu dalam keadaan tegak dan letakkan kaki dengan sempurna di injakan.

Tips Lainnya
•    Mulailah senam hamil dengan perlahan, apalagi jika sebelumnya Ibu memang jarang berolahraga.
•    Jaga agar Ibu jangan sampai kepanasan. Pilih lokasi yang tidak terlalu panas, kenakan pakaian yang menyerap keringat, termasuk bra olahraga, dan minum cukup air.
•    Selalu letakkan satu kaki di lantai, jangan melompat.
•    Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan.

Ketika Harus Berhenti
Jangan paksakan untuk meneruskan senam kehamilan apabila Ibu merasakan hal-hal berikut:
•    Lelah.
•    Kepalapusing.
•    Jantung berdentum kencang di dada.
•    Kehabisan napas.
•    Rasa sakit di punggung.

Itu adalah tanda-tanda dari tubuh bahwa Ibu harus berhenti. Ikuti, ya, Bu!

Nah, tidak sulit kan, Bu, untuk tetap senam di saat hamil? Dengan berolahraga dan menjaga pola makan, kehamilan Ibu akan jadi lebih sehat.  Jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk gerakan apa yang aman Ibu dilakukan. Selamat mencoba, Bu!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.