Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Pemberian finger foods sangat cocok untuk perkembangan bayi 10 bulan

Serba-Serbi Finger Foods

(0 review)

Wah, senangnya melihat Si Kecil tumbuh semakin besar dan sehat! Apa saja yang sekarang sudah bisa ia lakukan, Bu? Mungkin saat ini ia sedang gemar-gemarnya meraih dan menggenggam apa saja yang ada di dekatnya, seperti liontin kalung Ibu atau kacamata Ayah.

Selasa, April 26th, 2016

Hal ini biasa terjadi sebagai bagian dari perkembangan bayi 10 bulan , atau bahkan dimulai pada usia 9 bulan. Di tahap ini, Si Kecil sudah mengembangkan kemampuan motorik halus pada jari-jari tangannya, khususnya ibu jari dan telunjuk, sehingga ia mulai bisa menggenggam benda kecil atau makanan.

Nah, tahukah Ibu? Saat jari-jari tangan mungilnya sudah dapat menggenggam sesuatu, sebenarnya ini adalah tanda bahwa Si Kecil sudah dapat memasukkan makanan sendiri ke mulutnya. Jika Ibu memutuskan untuk mulai mengajarinya makan sendiri, salah satu cara awal yang mudah adalah dengan memberinya finger foods. Makanan jenis apa ini? Yuk, cari tahu di dalam artikel ini!

Finger Foods untuk Si Kecil

Finger foods merupakan makanan yang diproses sedemikian rupa agar dapat digenggam dan masuk ke dalam mulut mungil Si Kecil. Biasanya, makan tersebut sudah dimasak dengan baik, atau bisa juga berupa makanan bayi yang bertekstur tidak terlalu keras, agar dapat dikunyah dengan mudah. Saat menyiapkan makanan jenis ini, ada baiknya Ibu memerhatikan poin-poin berikut:

•    Potongan Cukup Kecil
Pastikan Si Kecil dapat menggenggam makanannya dengan baik. Misalnya, jika ingin memberinya wortel rebus, sesuaikan ukuran potongannya agar ia tak kesulitan. Hal ini penting karena potongan yang terlalu besar dapat menimbulkan risiko Si Kecil.

•    Tekstur Cukup Lembut
Pastikan makanannya dapat lumat dengan mudah di mulut Si Kecil. Contohnya saja, biskuit yang sudah direndam terlebih dahulu di susu atau air.

•    Makanan Harus Matang
Pastikan makanannya telah dimasak dengan baik. Bukan hanya karena makanan jadi mudah dilumat dan lebih empuk, tapi memasaknya hingga matang juga membunuh kuman dan bakteri yang menempel di sayuran dan buah mentah. 

•    Hindari Makanan Kecil Berukuran Utuh
Sebaiknya hanya beri Si Kecil makanan dengan bentuk yang telah dipotong. Hindari pemberian makanan atau buah utuh seperti anggur, tomat kecil, dan kacang. Walaupun bentuknya kecil, risiko tersedak masih mungkin terjadi.

•    Makanan yang Bergizi
Kurangi pemberian makanan dengan kadar gula yang tinggi. Cokelat dan kue adalah jenis finger foods yang mudah membuat Si Kecil lahap. Namun, zat gizinya belum tentu baik untuk pertumbuhannya. Pada tahap usia ini, Si Kecil harus tetap diberikan makanan yang kaya nutrisi.

Manfaat Memberi Si Kecil Finger Foods

Jika memungkinkan, sebaiknya Ibu memberikan banyak kesempatan pada Si Kecil untuk mulai makan sendiri. Tentunya, Ibu tetap bisa membantu dan membimbingnya dengan menggunakan sendok kecil dan peralatan makan yang biasa digunakan. Hal ini memiliki beberapa manfaat, seperti:

•    Dengan berlatih makan sendiri, Si Kecil juga mulai belajar kebiasan makan yang sehat dan mandiri.
•    Si Kecil bisa menentukan seberapa banyak makanan yang ingin dimakan dan kapan ia merasa sudah kenyang.

Nah, sekarang sudah tahu kan, finger foods jenis apa yang baik untuk Si Kecil? Namun jangan lupa, salah satu hal yang terpenting dalam pemberian finger foods adalah Si Kecil harus selalu dalam penjagaan Ibu atau orang dewasa. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti tersedak atau munculnya reaksi alergi. Bagaimana pun juga, keselamatan Si Kecil tetap yang paling utama, bukan?

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review