Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
si-kecil-lebih-mandiri-dengan-baby-led-weaning

Si Kecil Lebih Mandiri dengan Baby-led Weaning

(0 review)

Bu, pernahkah mendengar metode pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan cara Baby-led weaning (BLW)? Metode yang satu ini dipercaya bisa mendidik Si Kecil untuk mandiri menyantap makanannya, dan mengajarinya agar tidak jadi picky eater di kemudian hari.

Selasa, April 26th, 2016

Ketika menerapkan metode BLW, Si Kecil dilatih untuk makan makanan padat tanpa harus dijadikan puree, atau bubur bayi 6 bulan, dan disuapi menggunakan sendok. Sebaliknya, ia dibebaskan untuk memegang dan memasukkan makanan ke dalam mulut secara mandiri.

Lalu, bagaimana cara mempraktikkan metode BLW yang aman bagi Si Kecil? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Memulai Baby-led weaning 

Saat menginjak usia 6 bulan ke atas, Si Kecil siap untuk mencicipi beragam rasa makanan dalam tekstur yang lembut. Inilah waktu yang tepat untuk memberikannya MP-ASI, seperti berbagai puree atau dan menu makanan bayi 6 bulan  lainnya, dan mulai menerapkan metode BLW pada Si Kecil. Sebaiknya, metode pembelajaran makan mandiri ini dilakukan di waktu makan selingan, agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi ketika ia makan MP-ASI yang biasa.

Cara menerapkan metode BLW adalah dengan menyiapkan makanan bergizi dalam ukuran yang mudah dipegang oleh tangan mungilnya. Perlu diingat bahwa di usia 6 bulan, Si Kecil belum bisa menjepit benda dengan jari telunjuk dan jempol, namun hanya mampu menggenggam. Karena itu, pastikan makanan yang Ibu berikan memiliki bentuk yang mudah digenggam. Misalnya, potongan kecil brokoli atau wortel yang telah dikukus, pepaya, dan juga pisang. Letakkan sayuran atau buah ini di atas piring, lalu biarkan Si Kecil menyantap sendiri makanannya. 

Pada awalnya mungkin makanan hanya menjadi mainan saja, tapi setelah belajar cara makan dari anggota keluarga, makanan pun mulai dimasukkan ke mulutnya. Meskipun belum bisa mengunyah, tapi dirinya belajar untuk mengenal rasa dan juga tekstur makanan dengan cara menyedotnya perlahan-lahan.

Manfaat Baby-led Weaning Bagi Si Kecil

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of Otago, Selandia Baru, metode pemberian MP-ASI BLW dapat memberikan beberapa manfaat bagi Si Kecil, di antaranya:
• Mudah beradaptasi untuk makan bersama keluarga. 
• Membantunya untuk mengenal beragam makanan lebih awal.
• Membiasakan dirinya untuk mengonsumsi makanan sehat, sehingga bisa menurunkan risiko terkena obesitas. 
Memberinya makanan yang perlu dikunyah sejak ia siap, terbukti membantunya untuk menerima bermacam-macam rasa dan tekstur makanan saat ia tumbuh nanti. Kemungkinan ia menjadi pemilih makanan atau picky eater pun menjadi kecil, sehingga Ibu bisa memberinya banyak makanan yang sehat dan bergizi.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam menerapkan metode BLW, ada beberapa hal yang harus Ibu perhatikan:
•Selalu lakukan pengawasan dan pastikan Si Kecil duduk dalam posisi yang tegak sempurna, agar risiko tersedak dapat dihindari.
•Ketika menerapkan metode BLW, tak perlu khawatir jika Si Kecil tak menghabiskan makanannya. Mungkin ia hanya akan menghisap dan memasukkan makanan ke dalam mulut, lalu kemudian dibuang. Walau begitu, hal ini baik untuk membiasakannya mengenal berbagai rasa dan tekstur makanan.
•Sambil mengajarinya mandiri untuk menyantap makanan, pastikan kebutuhan gizi Si Kecil juga terpenuhi, Bu. Suapi Si Kecil makanan sehat bernutrisi dan juga Nestlé CERELAC. Kandungan zink, zat besi, vitamin C, dan minyak ikan dalam setiap suapannya mampu memenuhi gizi hariannya. 

Bagaimana Bu, tertarik untuk menerapkan pemberian MP-ASI dengan metode BLW pada Si Kecil? Selamat mencoba!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review