Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Berat Badan Anak Ideal

Si Kecil Sering Ngemil Makanan Manis? Ini Cara Mengatasinya

 

Siapa yang tidak suka kue, es krim, atau permen? Ini biasanya juga jadi camilan favorit Si Kecil. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis tidak disarankan bagi anak, karena kelebihan asupan gula memperbesar risiko Si Kecil mengalami gangguan kesehatan, seperti berat badan anak berlebih atau obesitas, dan diabetes.

Kamis, 13 September 2018

Berdasarkan informasi dari National Institutes of Health America, antara tahun 2002-2012 tingkat kasus diabetes tipe 2 pada anak usia 10-19 tahun meningkat setiap tahunnya sebanyak 5 persen.

Di Indonesia sendiri, kasus diabetes tipe 1 pada anak tercatat jumlahnya terus meningkat. Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tahun 2014 menyatakan bahwa diabetes anak di Indonesia mencapai 1.000 kasus.

Melihat kondisi ini, penting bagi Bunda untuk mengontrol asupan gula dalam makanan sehari-hari Si Kecil terutama untuk usia 1-3 tahun yang mulai mengenal beragam makanan orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Bunda upayakan, untuk pola makan Si Kecil yang lebih sehat.

  • Cari Pengganti Menu Gula

Selain mengurangi penyediaan makanan mengandung gula di rumah, Bunda perlu melihat alternatif cerdas untuk makanan manis, karena Si Kecil pasti mudah tergoda ketika temannya mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

Jessica Crandall, ahli diet dari Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan bahwa es krim untuk Si Kecil dapat diganti dengan yoghurt polos yang diberi buah segar. Selain itu, Bunda juga perlu membiasakan menyiapkan bekal dari rumah, sehingga Si Kecil juga tak mudah tergoda makanan milik temannya.

  • Ganti Minuman Kemasan dengan yang Lebih Sehat

Minuman kemasan bertuliskan “100% jus”, “organik”, atau “tanpa gula tambahan”, bukan berarti sehat. Jadi, ada baiknya berikan Si Kecil air mineral dengan tambahan irisan mentimun atau jeruk secukupnya. Sebagai selingan, Bunda dapat menyajikan jus buah tanpa tambahan gula atau susu kental manis, jika Si Kecil bosan dengan air mineral.

  • Baca Label Kemasan Saat Membeli Makanan

Gula bisa bersembunyi di dalam makanan kemasan yang Bunda beli di supermarket, termasuk saus pasta, selai kacang, biskuit, dan roti. Menurut data dari Kementerian Pertanian Amerika Serikat, USDA, 100 gr biskuit dapat mengandung sekitar 21.16 gr gula.

Oleh sebab itu, setiap berbelanja, Bunda disarankan selalu cek kandungan gizi pada label kemasan makanan dan memilih produk dengan kandungan gula yang paling rendah. Dengan begitu, Bunda dapat membantu mengontrol berat badan anak.

  • Pilih Camilan Rendah Gula

Selain bisa diganti dengan buah-buahan, Bunda dapat memberikan Si Kecil camilan rendah gula. Nestlé CERELAC NutriPuffs terbuat dari gandum utuh dan buah asli, serta diperkaya dengan kandungan zat besi untuk bantu lengkapi kebutuhan gizi harian anak. Dirancang khusus dengan bentuk bintang kecil yang sesuai dengan genggamannya, snack sehat ini dapat mendukung perkembangan motorik halus Si Kecil.

  • Beri Contoh Konsumsi Makanan Sehat

Camilan manis bisa jadi salah satu sebab anak tidak mau makan menu sehat. Sebab, Si Kecil sudah terbiasa mengenal rasa manis sebagai makanan lezat. Ini menyebabkan ia sulit melahap sayur yang rasanya cenderung tawar atau sedikit pahit. Untuk itu, Bunda sebaiknya jadi contoh bagi Si Kecil. Ini adalah hal yang sangat penting. Dengan begitu, Bunda bisa mengarahkan Si Kecil untuk menyukai makanan sehat, dibandingkan bila Bunda memaksanya untuk mengonsumsinya. Jadi, mulai memberi contoh pada Si Kecil dengan mengonsumsi menu makanan sehat bersama.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Bunda terapkan untuk membatasi asupan gula pada Si Kecil. Tujuannya, agar kelak Si Kecil memiliki berat badan anak yang ideal dan dapat tumbuh dengan sehat!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.