Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Bunda, masukkan makanan tinggi vitamin A berikut dalam daftar MPA-ASI Si Kecil.

Sumber Vitamin A yang Perlu Masuk ke Daftar Menu MP-ASI Si Kecil

 

Beta-karoten merupakan unsur penting yang dapat membentuk vitamin A dan diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Senin, 10 September 2018

Oleh sebab itu, bahan makanan yang mengandung beta-karoten perlu ada di dalam daftar menu MP-ASI Si Kecil. Nah…supaya Bunda tahu menu apa yang perlu disiapkan untuk Si Kecil, mari cari tahu sumber makanan yang mengandung beta-karoten untuk mendukung kecukupan vitamin A, berikut manfaat vitamin A untuk Si Kecil.

 

Manfaat Vitamin A untuk Tubuh

Kenapa ya Bunda perlu memastikan kumpulan resep MP-ASI Si Kecil memiliki makanan-makanan yang mengandung beta-karoten? Perlu dipahami, bahwa beta-karoten adalah senyawa yang akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Jadi bisa dibilang, beta-karoten adalah vitamin A yang belum aktif. Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa di antaranya.

1. Menjaga Kesehatan Mata, Kulit, dan Rambut

Vitamin A diperlukan Si Kecil untuk kesehatan mata serta berperan penting dalam memelihara kesehatan kulit dan rambut.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin A dapat membantu jaga kesehatan saluran cerna yang memiliki pengaruh besar pada daya tahan tubuh. Dengan vitamin A yang cukup, tubuh akan mengirimkan sinyal ke saluran cerna untuk melindungi tubuh dari bakteri yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Membantu Pertumbuhan Sel Darah Merah

Vitamin A berperan dalam produksi sel-sel darah merah yang berperan menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

 

Apa Saja Sumber Makanan dengan Vitamin A?

Bunda, yuk masukkan beberapa makanan yang mengandung beta-karoten berikut dalam daftar menu MP-ASI  Si Kecil, untuk penuhi kebutuhan vitamin A hariannya:

1. Sayuran dan Buah Berwarna Hijau

Warna hijau klorofil memang lebih dominan. Namun sayuran seperti bayam dan lobak, serta buah melon dan labu siam yang berwarna hijau, juga mengandung beta-karoten yang baik untuk Si Kecil.

2. Umbi-umbian

Menurut lembaga Food and Drug Administration di Amerika Serikat, vitamin A di dalam ubi manis memiliki kandungan beta-karoten 20% lebih banyak dari jumlah yang direkomendasikan per porsinya. Hal ini menjadikan ubi sebagai sumber vitamin A yang baik untuk Si Kecil.

3. Sayur dan Buah Berwarna Merah

Pepaya, wortel, dan tomat merupakan sumber vitamin A yang tinggi. Mengonsumsi sayur dan buah tersebut dapat meningkatkan kualitas kesehatan mata serta menghindarkan Si Kecil dari bermacam penyakit.

4. Pisang

Sebagai variasi, Bunda dapat memberikan pisang untuk Si Kecil. Selain kaya akan karbohidrat, pisang juga mengandung vitamin A. Dengan begitu, Si Kecil akan terhindar dari risiko gangguan penglihatan serta penyakit mata.

Yang perlu Bunda perhatikan adalah tidak sembarangan memberikan asupan vitamin A yang berlebihan pada Si Kecil agar ia terhindar dari hypervitaminosis A. Asupan vitamin A yang berlebih dapat menyebabkan Si Kecil menderita mual, sakit kepala, iritasi kulit, serta nyeri pada persendian dan tulang. Takaran yang direkomendasikan per harinya adalah sekitar 500 mcg untuk anak usia 7-12 bulan, dan 300 mcg untuk anak usia 1-3 tahun. Bunda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi jika ingin memberikan suplemen vitamin A pada Si Kecil.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Bunda dapat memasukkan Nestlé CERELAC Bubur Sereal dalam daftar menu MP-ASI Si Kecil. Nestlé CERELAC Bubur Sereal memiliki kandungan 11 vitamin, 5 mineral, dan omega 6 (asam linoleat), serta tinggi zat besi, yodium, dan vitamin A untuk dukung tumbuh kembang Si Kecil saat ini.
 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.