Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 0-6 Bulan

(0 review)

Pertumbuhan Si Kecil sejak lahir tampak begitu pesat ya, Bu. Tubuhnya yang mungil ini secara bertahap mulai tumbuh dengan proporsional. Si Kecil juga kini mulai memasuki tahap perkembangan yang krusial dalam kehidupannya. Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu memantau tahap perkembangan Si Kecil usia 0-6 bulan dan berikan dukungan tepat untuk mengoptimalkan perkembangannya.

Selasa, Desember 8th, 2015

Pertumbuhan Si Kecil sejak lahir tampak begitu pesat ya, Bu. Tubuhnya yang mungil ini secara bertahap mulai tumbuh dengan proporsional. Si Kecil juga kini mulai memasuki tahap perkembangan yang krusial dalam kehidupannya. Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu memantau tahap perkembangan Si Kecil usia 0-6 bulan dan berikan dukungan tepat untuk mengoptimalkan perkembangannya.

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 0-3 Bulan

  • Di masa perkembangan ini, tangan Si Kecil biasanya masih dalam keadaan mengepal sementara lengannya sudah bisa bergerak ke arah mulut atau pandangannya.
  • Si Kecil memiliki gerak refleks untuk menyusu, ketika Ibu menyentuh halus bagian pipinya.
  • Memasuki usia dua bulan, Si Kecil mulai bisa menendang-nendang dengan menggunakan kakinya yang mungil.
  • Mampu belajar menegakkan kepalanya untuk beberapa saat.
  • Kedua matanya mulai dapat mengamati benda yang bergerak.

Cara Dukung Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 0-3 Bulan

Ketika sudah berusia 3 bulan, sebaiknya sesekali posisikan tubuh Si Kecil dalam keadaan tengkurap (tummy time). Posisi ini dapat membantu menguatkan otot tubuh bagian atas. Jangan lupa untuk mengawasi si kecil dalam posisi tengkurap ini.

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 3-6 Bulan

  • Si Kecil sudah mampu memainkan tangan dan kakinya, lalu mulai mengamatinya.
  • Saat tengkurap, kini Si Kecil sudah bisa mengangkat kepala dan dadanya.
  • Dalam tahap perkembangan ini tangan Si Kecil mampu menggenggam sebuah benda di tangannya. 
  • Koordinasi jaringan otot dan saraf Si Kecil di usia ini mampu mendukung tubuhnya untuk berguling.
  • Setelah berusia 6 bulan, mulut Si Kecil juga sudah mulai belajar untuk mengunyah.

Cara Dukung Perkembangan fisik Si Kecil Usia 3-6 Bulan

Untuk melatih kemampuan mengenggam, Ibu bisa memberikan Si Kecil mainan berbahan karet yang bisa menimbulkan bunyi saat digenggam. Selain itu, untuk bantu menunjang perkembangan fisik Si Kecil, Ibu juga bisa lebih sering membaringkannya dalam keadaan tengkurap dan meletakkan mainan di depannya. Sehingga, Si Kecil dapat belajar untuk menjangkau sendiri mainan tersebut. 

Selain melakukan stimulasi seperti ini, Ibu perlu mendukung perkembangan fisik Si Kecil sejak lahir hingga berusia 6 bulan dengan cara memberikannya ASI eksklusif. ASI merupakan asupan nutrisi terbaik bagi Si Kecil di masa pertumbuhan ini. Di dalamnya terkandung nutrisi lengkap yang mudah dicerna dan diserap dan komponen imunitas untuk daya tahan tubuh Si Kecil. Dengan begitu, Ibu dapat dapat membantu menunjang tumbuh kembangnya lebih optimal.

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO (World Health Organization) dan Kementerian Kesehatan Indonesia merekomendasikan pemberian ASI eksklusif pada Si Kecil hingga berusia 6 bulan. Setelah usianya mencapai usia 6 bulan, Ibu dianjurkan untuk memberikan MP-ASI dan tetap melanjutkan pemberian ASI sampai Si Kecil memasuki usia 2 tahun atau lebih. Untuk mengoptimalkan proses menyusui Si Kecil, Ibu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi secara seimbang setiap hari.

Nah, sekarang sudah lebih memahami apa saja taha tumbuh kembang Si Kecil di usia 0-6 bulan kan, Bu? Agar Ibu dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal, selain memberikan ASI eksklusif, jangan lupa untuk memantau dan menstimulasi perkembangan fisik Si Kecil

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review