Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 6-12 Bulan

(0 review)

Tumbuh kembang Si Kecil berlangsung pesat dalam tahun pertamanya kehidupannya, dari bulan ke bulan kemampuan motoriknya akan terus bertama. Apa saja tahap perkembangan fisik Si Kecil usia 6-12 bulan? Cari tahu informasi selengkapnya di artikel Nestlé berikut ini!

Selasa, Desember 8th, 2015

Tumbuh kembang Si Kecil berlangsung pesat dalam tahun pertamanya kehidupannya, dari bulan ke bulan kemampuan motoriknya akan terus bertama. Apa saja tahap perkembangan fisik Si Kecil usia 6-12 bulan? Cari tahu informasi selengkapnya di artikel Nestlé berikut ini.

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 6-9 Bulan

  • Koordinasi sistem otot dan saraf Si Kecil sudah menunjukkan kemajuan. Misalnya, memegang sebuah benda dan memasukkannya ke dalam mulut.
  • Di usia 7 bulan mungkin Si Kecil juga mampu memegang sendok, meskipun belum bisa menggunakannya untuk makan.
  • Dalam masa pertumbuhan ini Si Kecil mulai belajar duduk tanpa bantuan penyangga, seperti bantal atau tubuh Ibu di belakang punggungnya.
  • Si Kecil biasanya mulai aktif bergerak dengan cara merayap. Ini merupakan tahapan sebelum merangkak, di mana ia bergerak dengan posisi tengkurap (kondisi perut masih menempel di atas permukaan lantai atau kasur).
  • Saat berusia 8-9 bulan, Si Kecil baru mulai belajar untuk merangkak.

Cara Dukung Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 6-9 Bulan

Luangkan waktu untuk mengajak Si Kecil bermain di lantai. Dengan begitu, ia akan lebih banyak berlatih untuk merangkak dan juga duduk. Sebagai alternatif kegiatan lainnya, sesekali Ibu bisa mengajak Si Kecil untuk memegang sendok dan membiarkannya bermain dengan makanan yang telah disajikan. Meskipun menyebabkan makanan jadi berceceran, kegiatan ini dapat bantu mengenalkannya cara makan.

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 9-12 Bulan

  • Di usia 9 bulan Si Kecil biasanya sudah dapat belajar duduk sendiri, karena otot kepala, leher, dan punggungnya sudah semakin menguat.
  • Tangan dan kaki juga sudah dapat mendukung Si Kecil untuk mulai bergerak merangkak.
  • Menginjak usia 10-11 bulan, Si Kecil mulai belajar untuk berdiri sendiri dengan cara berpegangan.
  • Selain itu, di tahap perkembangan ini Si Kecil juga mulai melatih kemampuannya untuk berjalan dengan cara memegang tangan Ibu.
  • Di usia 12 bulan jari, Si Kecil mulai terlatih untuk memegang benda dengan menggunakan ibu jari dan telunjuknya

Cara Dukung Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 9-12 Bulan

Ajak Si Kecil untuk bergerak aktif dengan cara mengajaknya bermain, sehingga Si Kecil makin terlatih untuk merangkak, berjalan, dan melatih kemampuan fisik lainnya. Salah satu contoh permainan yang dapat Ibu lakukan misalnya, menggelindingkan bola ke arahnya. Mengingat rutinitasnya yang mulai aktif di masa pertumbuhan ini, ada baiknya bila Ibu membuat tempat yang aman bagi Si Kecil untuk bermain di dalam rumah.

Sambil mendukung tahap pertumbuhan fisik Si Kecil, Ibu perlu mencukupi kebutuhan gizinya dengan menyiapkan makanan bernutrisi. Salah satunya, bubur susu Nestlé CERELAC yang telah diperkaya dengan probiotik Bifidobacterium lactis. Di samping itu, Makanan pendamping ASI (MP-ASI) ini memiliki tekstur yang berbutir untuk bantu Si Kecil berlatih mengunyah makanan.

Nah, mengetahui tahap pertumbuhan fisik Si Kecil usia 6-12 bulan ternyata mengagumkan ya, Bu? Setelah menyimak informasi ini, pastikan Ibu mengoptimalkan tumbuh kembangnya dengan cara memberikan nutrisi dan stimulasi yang baik untuk mendukung proses perkembangan fisik Si Kecil.

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review