Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Yuk, Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi 6 Bulan Berikut Ini!

Tak Hanya Pertumbuhan, Perkembangan Si Kecil juga Penting, Bunda!

 
Bunda, ketahui pentingnya nutrisi untuk perkembangan bayi 6 bulan berikut ini!

Rabu, 4 Maret 2020

Tahukah Bunda, perkembangan fisik Si Kecil tidak kalah penting dari pertumbuhannya, lho. Itulah sebabnya Bunda juga perlu tahu peran nutrisi dalam perkembangan bayi 6 bulan, terutama kognitif dan motoriknya. Yuk, simak!

 

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Berdasarkan teori dalam psikologi, perkembangan ditunjukkan dengan pertumbuhan yang terjadi pada Si Kecil, yang juga berkaitan dengan psikis, yakni aspek mental. Di sisi lain, pertumbuhan berkaitan dengan aspek perubahan fisik Si Kecil, misalnya terjadinya pertambahan berat badan, tinggi badan, atau struktur tulang. Nah, pertumbuhan dan perkembangan terjadi secara bertahap dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, Bunda.

Sebagai panduan pertumbuhan Si Kecil, Bunda bisa melihatnya dari grafik pertumbuhan yang naik dari garis warna hijau di buku kesehatan ibu dan anak (KIA). Sementara itu, berikut ini adalah perkembangan Si Kecil dari berbagai tahapan usia.

  • 0-3 Bulan
    Si Kecil yang baru lahir mulai memiliki refleks menghisap dan menggenggam, dan salah satu perkembangan fisik yang paling terlihat adalah kontrol kepala. Ia akan mulai belajar sedikit-demi sedikit mengangkat kepala, misalnya saat berbaring. Bunda dapat mendorong perkembangan fisik Si Kecil dengan tummy time, yakni membiarkannya bermain dengan posisi tengkurap. Hal ini melatih kekuatan leher, punggung dan lengan Si Kecil.
  • 3-6 bulan
    Pada usia ini Si Kecil mulai mengembangkan ketangkasan dan kekuatan seperti berguling, belajar duduk, memegang benda padat, serta memasukkan benda ke mulut. Bunda dapat mendukung perkembangan Si Kecil di masa ini dengan menyediakan berbagai mainan yang berbeda-beda untuk merangsang sensoriknya.
  • 6-9 bulan
    Biasanya Si Kecil mulai bisa duduk secara mandiri, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain, bahkan merangkak. Pada usia ini, Si Kecil juga mulai belajar mengangkat badannya untuk berdiri dengan berpegangan. Bunda juga dapat bersiap mendengar kata-kata pertama Si Kecil pada usia ini. Umumnya, Si Kecil dapat menggumamkan kata pertama, seperti “mamama”, “bababa”, dan “dadada” pada rentang usia ini. Ia juga mulai memahami kata “iya” dan “tidak”.
  • 9-12 bulan
    Dalam jendela perkembangan ini, Si Kecil mulai mampu mengambil langkah pertama, mengambil dan melempar benda, serta memegang benda di antara ibu jari dan satu jari. Masa ini adalah periode perkembangan yang signifikan bagi Si Kecil untuk mulai mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

Dari berbagai tahapan di atas, Bunda perlu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil. Misalnya, memberikan lebih banyak ruang untuk berguling, merangkak, dan bermain. Sediakan juga berbagai benda aman di dekatnya untuk berlatih menggenggam, meraih, mengguncang, dan menempatkannya di mulut mereka. Hal yang tak boleh terlupakan juga adalah memberikan stimulasi dan mendukung pemenuhan nutrisi Si Kecil untuk perkembangan fisik yang optimal.

 

Peran Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Optimal
Data yang ditunjukkan oleh Rauch Foundation sebagai organisasi yang fokus pada keluarga dan anak menyebutkan bahwa 85 persen otak Si Kecil dikembangkan pada saat ia berusia 0-5 tahun. Artinya, lima tahun pertama kehidupan Si Kecil sangat penting untuk mendukung perkembangan anak.
Oleh sebab itu, penting bagi Bunda untuk menyiapkan asupan nutrisi seimbang sejak Si Kecil memasuki masa MPASI agar perkembangan bayi 6 bulan optimal. Sebagai inspirasi, Bunda dapat menyajikan Nestlé CERELAC Tomato & Pumpkin Stew untuk menu MPASI Si Kecil. Nestlé CERELAC Tomato & Pumpkin Stew terbuat dari bahan pilihan yang sudah ditambahkan Omega-3 dan Omega-6, serta 11 Vitamin dan 5 Mineral. Nestlé CERELAC Tomato & Pumpkin Stew juga tinggi Zat Besi yang dapat membantu memenuhi hingga 65% angka kecukupan gizi (AKG) Si Kecil. Padat nutrisi untuk perut kecilnya ya, Bunda.

sumber:

https://dosenpsikologi.com/perbedaan-pertumbuhan-dan-perkembangan-dalam-psikologi-umum

https://www.all4kids.org/2018/09/25/why-the-first-5-years-of-child-development-are-so-important/

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Cari

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.