Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Aktivitas Berkebun untuk Ibu Hamil

Tetap Happy saat Hamil dengan Berkebun!

(0 review)

Berkebun bisa menjadi salah satu aktivitas Ibu hamil yang menyenangkan, terutama untuk mengisi waktu luang di pagi hari. Sebab, menurut riset dari Thrive, sebuah organisasi pegiat berkebun di Amerika Serikat, melihat hijau dan asrinya tanaman dapat bantu meningkatkan mood Ibu.

Kamis, 5 Oktober 2017

Selain bisa membantu Ibu menjalani kehamilan dengan happy, berkebun ternyata juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan fisik Ibu hamil, lho. Yuk, baca info selengkapnya di sini!

Melengkapi Asupan Vitamin D

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam situs National Institutes of Health tahun 2014, menunjukkan bahwa paparan sinar matahari pagi membantu orang dewasa - termasuk Ibu hamil - untuk mendapatkan asupan vitamin D. Vitamin D penting untuk menjaga kesehatan Ibu hamil, karena dapat mendukung kesehatan tulang dan sistem daya tahan tubuh.

Meski begitu, paparan sinar matahari seperti sinar ultraviolet, berisiko menyebabkan kanker kulit. Jadi, sebaiknya Ibu memilih waktu berkebun di pagi hari dan membatasi waktu untuk melakukan aktivitas ini.

Menjaga Kebugaran Tubuh

Tahukah, Ibu? Berkebun bisa jadi salah satu bentuk latihan aerobik yang dapat menjaga kebugaran tubuh, karena berkebun membutuhkan koordinasi gerak beberapa anggota tubuh sekaligus. Misalnya, saat Ibu menanam, memangkas, menyiram tanaman, atau merapikan pot, tidak hanya melibatkan otot tangan saja, tapi juga otot pinggul, dan kaki. Jadi, dengan berkebun, Ibu bisa tetap melakukan aktivitas fisik ringan dengan cara menyenangkan.

Namun perlu dicatat, sebaiknya Ibu hindari mengangkat peralatan atau perlengkapan  berkebun yang berat ya, seperti garpu tanah, pot yang tebuat dari beton, atau penyiram tanaman berukuran besar. Sebab saat hamil area punggung lebih rentan alami cedera, karena kondisi sendi panggul cenderung mengendur akibat rahim yang makin membesar.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkebun

Saat berkebun, sebaiknya gunakan sarung tangan, topi, masker, dan sepatu tertutup, agar Ibu senantiasa terlindungi dari bakteri penyebab penyakit. Salah satunya adalah parasit T. gondii yang menyebabkan infeksi Toksoplasmosis dan risiko gangguan kesehatan pada janin. Parasit ini terdapat di tanah atau kotoran hewan, terutama kucing. Selain itu, Ibu disarankan seminimal mungkin menggunakan pestisida saat merawat tanaman, untuk menjaga kesehatan Ibu dan Si Kecil dalam kandungan.

Jika dilakukan dengan hati-hati, berkebun bisa menjadi aktivitas Ibu hamil yang berguna untuk mendukung kesehatan tubuh dan membuat suasana hati lebih ceria. Dengan begitu, Ibu dapat menjalani kehamilan yang sehat dan menyenangkan. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.