Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Mengatasi anak pemalu dengan beberapa tips berikut

Tingkatkan Kepercayaan Diri Si Kecil

 

Sebagai orang tua, sudah sewajarnya untuk menyampaikan ajaran dan nilai-nilai yang baik kepada Si Kecil. Salah satunya adalah dengan mengajari sang buah hati untuk  meningkatkan rasa kepercayaan dirinya. 

Selasa, 26 April 2016

Sebagai orang tua, sudah sewajarnya untuk menyampaikan ajaran dan nilai-nilai yang baik kepada Si Kecil. Salah satunya adalah dengan mengajari sang buah hati untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirinya.

Si Kecil mungkin saja suka bercanda dan tertawa bersama Ibu, Ayah dan saudara-saudaranya. Tapi, ketika berada di luar rumah, ia bisa tiba-tiba menjadi sosok yang begitu pendiam dan enggan untuk berinteraksi dengan orang lain. Bagaimana itu bisa terjadi?

Kenali Sifat Pemalu Si Kecil 
Ya, sebagian anak-anak memang memiliki sifat pemalu. Hal ini ditandai dengan perilaku yang cenderung pendiam dan tidak terlalu aktif untuk berpartisipasi, baik dalam pembicaraan atau saat bermain. Selalin itu, anak kurang berani untuk mulai berinteraksi dengan orang lain lebih dulu, apalagi jika bertemu dengan orang baru.

Namun ingat, tidak semua sifat pemalu itu buruk lho, Bu. Jika Si Kecil cenderung pemalu dan pendiam tetapi masih bersikap sopan dan suka tersenyum jika diajak bicara, tak perlu khawatir. Ibu cukup terus mendukungnya dengan memberikan pujian dan sering mengajaknya mengobrol. Sebaliknya, jika sifat pemalu Si Kecil menimbulkan beberapa masalah seperti tidak mau melakukan kontak mata, tidak mau diajak bicara, bahkan bisa marah jika diajak untuk berinteraksi dengan orang lain, Ibu sebaiknya lebih berusaha untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan sosialnya.

Tips Agar Si Pemalu Lebih Berani
Untuk mengatasi anak pemalu  tanpa memaksanya keluar dari zona nyaman dengan terlalu keras, Ibu bisa melakukan tips berikut:
•    Jangan Melabeli
Saat memperkenalkan Si Kecil dengan orang lain, sebaiknya hindari melabeli dirinya dengan kata “pemalu”. Hal itu justru membuat ia merasa malu dan enggan untuk berbicara. Jika ia lebih banyak diam, mungkin Ibu bisa memancingnya dengan kata-kata seperti, “Coba dengarkan orang lain dulu, ya” atau “Yuk, gantian, sekarang giliran kamu yang bicara.”
•    Latih Sedikit Demi Sedikit
Mulai latih Si Kecil untuk melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Berikan ia tugas untuk melakukan beberapa tugas kecil. Misalnya, ketika sedang berada di toko, minta ia untuk membayar ke kasir. Berikan instruksi padanya mengenai tata cara membayar. Dengan begitu, Si Kecil akan merasa lebih nyaman dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menjadi lebih percaya diri pada kemampuannya untuk berinteraksi. 
•    Dukung Hobinya
Ibu juga bisa mengembangkan kepercayaan diri Si Kecil dengan mendukung hobinya. Misalnya, jika ia suka seni, dukung minat dan bakatnya dengan membawanya ke pameran seni. Setelah itu, masukkan ia ke komunitas dengan minat yang sama dengannya. Atau, jika ia cenderung tertarik dengan aktivitas fisik yang mendukung perkembangan motorik anak seperti olahraga, coba sediakan fasilitas yang mendukung dan ajak ia untuk bermain di taman atau lapangan. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih terbuka untuk berkomunikasi dengan orang lain. 
•    Carikan Teman dan Suasana Bermain yang Tepat
Jika ia cenderung pendiam saat bermain di sekitar anak seusianya, mungkin Ibu bisa mengajak Si Kecil untuk bermain bersama anak yang usianya lebih muda darinya, atau mencarikannya lingkungan bermain yang tidak terlalu ramai. Ini adalah cara yang baik untuk melatih keterampilan sosialnya, seperti memulai percakapan dan melakukan kontak mata.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, diharapkan agar Si Kecil bisa mengalahkan sifat pemalunya, meningkatkan kepercayaan dirinya, dan menjadi anak yang lebih aktif. Selamat mencobanya, Bu! 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.