Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Menanamkan rasa peduli merupakan peran orang tua dalam mendidik anak

Tingkatkan Rasa Peduli Si Kecil

(0 review)

Ibu mungkin menyadari, seiring dengan bertambah majunya teknologi, informasi dan tayangan dari di dunia luar semakin mudah untuk dapat diakses di rumah, misalnya melalui TV maupun internet. Belakangan ini, maraknya aksi kurang baik yang terekspos oleh media mungkin membuat banyak Ibu khawatir akan dampaknya pada perkembangan sang buah hati. 

Selasa, April 26th, 2016

Ibu mungkin menyadari, seiring dengan bertambah majunya teknologi, informasi dan tayangan dari di dunia luar semakin mudah untuk dapat diakses di rumah, misalnya melalui TV maupun internet. Belakangan ini, maraknya aksi kurang baik yang terekspos oleh media mungkin membuat banyak Ibu khawatir akan dampaknya pada perkembangan sang buah hati. Apalagi, kini Si Kecil sudah semakin besar dan dapat mengakses media-media tersebut sendiri. Ibu tentu cemas kelak Si Kecil tumbuh dengan rasa peduli yang minim terhadap sesama.

Rangsang Kepedulian Sejak Dini

Untuk menghindari hal ini, Ibu perlu merangsang kepedulian Si Kecil sejak dini. Menurut penelitian, anak-anak dapat menunjukkan rasa empati dan kepedulian dari usia yang masih sangat muda. Mereka bereaksi ketika melihat ketidakbahagiaan dan timbul rasa ingin membantu atau memperbaiki masalah. Hal ini bisa banyak Ibu lihat ketika anak kecil dengan polosnya ingin membantu orang lain yang sedang kesulitan atau menangis ketika melihat binatang disakiti.

Nah, rasa empati yang secara alami sudah ada di dalam dirinya ini lama-lama dapat terkikis apabila tidak diasah, ditambah dengan efek tayangan atau contoh buruk yang mungkin diserapnya. Karena itu, penting sekali bagi Ibu untuk melatih kepeduliannya sejak kecil sebagai peran orang tua dalam mendidik anak .

Tips Melatih Rasa Peduli Si Kecil

Berikut ini, ada beberapa hal yang dapat Ibu lakukan untuk mendorong Si Kecil menjadi lebih peduli pada sesama dan lingkungan sekitarnya. 

• Tegur Bila Perlu
Jangan ragu untuk menegur Si Kecil apabila ia melakukan suatu kesalahan, misalnya menertawakan teman yang jatuh atau membuang-buang makanan. Beri tahu dengan nada yang tegas namun tidak terkesan marah. Ajari Si Kecil untuk mengerti perasaan dan kondisi orang lain dengan jelas. 

• Jadi Teladan
Jadilah contoh yang baik untuk Si Kecil, karena ia akan memerhatikan perilaku Ibu dan orang-orang di lingkungan sekitarnya. Tunjukkan empati pada sesama dengan membantu orang yang membutuhkan dan bersikap sopan pada siapapun. Di usia emas ini, kemampuan Si Kecil menyerap informasi sangat kuat, sehingga apapun yang ia tangkap dapat tertanam dengan kuat dalam karakternya.

• Pilih Tontonan yang Baik
Tak dapat dipungkiri, di zaman modern seperti sekarang, berbagai acara TV dan video di internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian Si Kecil. Karena itu, tugas Ibulah untuk memilah dan menjaga tayangan yang dikonsumsinya. Hindari tontonan yang mengandung kekerasan, pembunuhan, dan kata-kata kasar. Jika tayangan tersebut ada di TV ketika Si Kecil ada di ruangan, segera matikan atau ganti salurannya. Sebaliknya, berikan ia tontonan yang edukatif dan sesuai dengan perkembangan usianya.

• Rasakan Pengalaman Langsung
Sebagai salah satu cara mendidik anak 2 tahun  atau lebih, ajak Si Kecil mengikuti kegiatan terjun langsung ke dalam masyarakat untuk menjadi sukarelawan dan berbagi pada orang yang membutuhkan. Kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kepeduliannya terhadap sesama. Sekarang sudah banyak organisasi yang memiliki program khusus untuk anak-anak. 

Satu hal paling penting yang perlu Ibu ingat adalah beri contoh yang baik untuk menginspirasi Si Kecil untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap orang lain. Ciptakan suasana rumah yang nyaman agar ia selalu merasa aman, sehingga Si Kecil akan lebih peka terhadap perasaan orang lain. 

Punya metode lainnya untuk meningkatkan rasa peduli Si Kecil, Bu? Yuk, share dengan Ibu lainnya!

 

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review