Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Berlibur di Usia Kehamilan Trimester Dua

Tips Agar Ibu Hamil Makin Nyaman Saat Liburan

 

Berlibur saat hamil bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk calon Ibu dan Ayah. Liburan ini dapat menambah kehangatan dan keharmonisan pasangan, sekaligus menciptakan quality time bersama Si Kecil di dalam kandungan. Biasanya calon Ibu lebih memilih untuk pergi berlibur saat hamil trimester dua, karena dianggap sebagai waktu paling aman untuk melakukan trip babymoon.

Jumat, 13 Juli 2018

Ya, menurut penelitian dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), waktu teraman untuk berlibur ke tempat yang jauh adalah saat hamil trimester kedua, yaitu sekitar minggu ke 18 sampai 24. Sebab, di trimester ini keluhan mual atau muntah sudah berkurang, energi tubuh sudah kembali normal, dan kondisi perut belum terlalu membesar sehingga tidak menyulitkan Ibu untuk berjalan jauh.

ACOG menambahkan bahwa setelah memasuki trimester kedua, biasanya Ibu hamil sudah melewati gejala mual dan muntah yang bisa membuat liburan menjadi tidak nyaman. Nah, supaya makin nyaman saat berlibur, Ibu perlu melakukan beberapa persiapan berikut:  

Konsultasi ke Dokter Kandungan

Ini adalah langkah pertama yang perlu dilakukan oleh Ibu sebelum merencanakan liburan. Tujuannya adalah untuk memastikan kehamilan dalam kondisi yang sehat. Melalui pemeriksaan kesehatan, dokter akan memberitahu Ibu tentang hal yang harus Ibu lakukan untuk menjaga kondisi kehamilan yang sehat, atau mungkin memberi resep obat jika dibutuhkan.

Pilih Waktu Perjalanan Paling Singkat

Agar Ibu dapat liburan dengan nyaman, pilihlah destinasi dengan waktu tempuh yang tidak terlalu lama. Menurut American Pregnancy Association, perhatikan waktu tempuh ideal untuk Ibu hamil saat memilih moda transportasi. Contohnya, waktu tempuh maksimal untuk kendaraan darat (mobil, bus, kereta) adalah 5-6 jam. Sedangkan, waktu tempuh ideal untuk perjalanan udara adalah 2-3 jam. Jika tujuan wisata Ibu terlampau jauh, Ibu dapat menginap semalam untuk beristirahat.

Pakai Busana yang Nyaman

Supaya liburan tetap nyaman, sebaiknya Ibu mengenakan pakaian yang mampu menyerap keringat dan tidak membatasi gerak Ibu. Contohnya, bawa lebih banyak pakaian berbahan katun dan celana legging. Untuk tampilan cantik dan simpel, Ibu bisa juga memakai dress dengan potongan longgar, agar tidak terasa sesak.

Bawa Bekal Camilan Sehat

Jangan lupa Bu, bawa makanan ringan rendah lemak sebagai kudapan yang dapat mengurangi rasa mual dalam perjalanan. Contohnya, biskuit gandum, buah kering, atau sereal. Selain itu, pastikan untuk selalu membawa botol air mineral ya, Bu. Rajin minum penting untuk mencegah Ibu dan Si Kecil mengalami dehidrasi sepanjang perjalanan.

Menjaga Kebersihan Diri

Untuk menjaga kebersihan diri, bawalah sabun antiseptik, tisu, tisu basah, dan gel pembersih tangan. Semuanya sangat penting untuk melindungi kesehatan Ibu hamil dari risiko penularan penyakit. Seperti yang Ibu ketahui, virus dan bakteri penyebab penyakit dapat menginfeksi lewat kontak kulit dengan orang lain, maupun melalui benda yang disentuh oleh tangan.

Nah, tidak sulit kan Bu membuat liburan makin nyaman saat hamil? Melakukan liburan saat hamil trimester dua, tentu bisa membantu Ibu untuk menjalani kehamilan dengan happy. Dengan begitu, Ibu dapat mendukung Si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.