Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Perjalanan Jauh saat Hamil

Tips Agar Perjalanan Mudik Tetap Nyaman Saat Hamil

 

Mudik ke kampung halaman menjadi salah satu momen paling ditunggu-tunggu oleh banyak keluarga di Indonesia setiap Lebaran. Momen istimewa ini tentu tidak ingin dilewatkan begitu saja.

Jumat, 13 Juli 2018

Tapi bagaimana bila Ibu sedang hamil? Banyak yang bilang bahwa Ibu hamil sebaiknya menghindari perjalanan jauh saat hamil, karena berisiko mengganggu kesehatan Ibu dan janin. Kapan ya waktu terbaik bagi Ibu hamil untuk mudik, dan bagaimana caranya agar Ibu hamil tetap nyaman melakukan perjalanan mudik? Yuk, simak info selengkapnya di artikel ini! 

Waktu Terbaik untuk Mudik

Berdasarkan keterangan dokter dari The American College of Obstetricians and Gynecologists, Ibu hamil diperbolehkan melakukan perjalanan jauh hingga usia kandungan mencapai 36 minggu, dengan catatan kondisi kandungan dalam keadaan sehat.

Disarankan juga perjalanan mudik dilakukan pada trimester kedua, tepatnya antara minggu ke-14 sampai minggu ke-28.  Di masa kehamilan ini, biasanya gejala kehamilan yang umum terjadi di trimester pertama, seperti pusing, mual, dan muntah sudah terlewati, sehingga Ibu bisa lebih nyaman saat di perjalanan. Perlu diingat, Ibu hamil tidak disarankan melakukan perjalanan jauh di trimester ketiga kehamilan, karena lebih rentan mengalami kelelahan dan berisiko mengganggu kesehatan janin.

Persiapan Mudik Ibu Hamil

Nah, jika Ibu berencana mudik bersama keluarga saat Lebaran nanti, American Pregnancy Association menyarankan langkah berikut ini sebelum bepergian jauh:

  • Konsultasi dengan ahli kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan Ibu dan janin.
  • Bawa obat yang bisa jadi diperlukan saat berpergian, seperti salep, vitamin, dan obat lainnya yang telah diresepkan dokter untuk dikonsumsi.
  • Pilih durasi perjalanan paling singkat supaya Ibu hamil tetap nyaman saat mudik.
  • Cari tahu lokasi rumah sakit di kota tujuan saat mudik, supaya Ibu dapat memperoleh penanganan dengan cepat jika terjadi gangguan kesehatan.

Tips Mudik Nyaman untuk Ibu Hamil

Apakah Ibu dan keluarga sudah memutuskan moda transportasi yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan mudik nanti? Apa pun moda transportasinya, Ibu dapat menjaga kehamilan tetap nyaman saat mudik dengan memerhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Mobil

Bila Ibu memilih mudik menggunakan mobil, usahakan perjalanan ditempuh dengan waktu sesingkat mungkin dan berhentilah secara berkala, supaya Ibu dapat beristirahat dan melakukan peregangan. Meski perut semakin membesar di trimester kedua, Ibu tetap butuh menggunakan sabuk pengaman untuk menjamin keamanan selama di perjalanan. Cara memasang sabuk pengaman yang benar yaitu menyilangkan sabuk bagian atas tepat di tengah dada Ibu (di antara kedua payudara) dan pastikan sabuk bagian bawah posisinya berada di bawah perut.

 

  • Pesawat

Pilih duduk di kursi dekat lorong pesawat, agar Ibu bisa berdiri dan meregangkan kaki dengan leluasa. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang menghasilkan gas seperti kacang-kacangan dan produk susu sebelum penerbangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya gangguan pencernaan. Dengan kondisi pencernaan yang sehat, pastinya Ibu bisa lebih nyaman melakukan perjalanan udara.                    

 

  • Kapal Laut

Mabuk laut bisa jadi dialami oleh Ibu hamil yang tidak terbiasa melakukan perjalanan menggunakan kapal. Ada satu tips untuk membantu Ibu kurangi rasa mual di atas kapal, yaitu dengan mengonsumsi makanan ringan rendah lemak seperti biskuit gandum, buah kering, atau sereal.

Bagaimana Bu, sudah siap mudik di Lebaran tahun ini bersama keluarga? Sebelum melakukan perjalanan jauh saat hamil, jangan lupa terapkan tips berikut agar Ibu bisa menjalani masa kehamilan dengan happy. Dengan begitu, Ibu dapat mendukung Si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif, dan bahagia. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.