Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
ASI Tidak Keluar? Lakukan 5 Hal ini Supaya Perkembangan Balita Optimal

Tips ASI Lancar Usai Melahirkan

 

Menyusu di dalam waktu satu jam setelah kelahiran (Inisiasi Menyusui Dini) penting dilakukan oleh Si Kecil.

Senin, 17 Desember 2018

Sebab, ASI pertama yang mengandung kolostrum memiliki banyak manfaat untuk mendukung perkembangan balita. Salah satunya, mendukung perlindungan tubuh Si Kecil dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Namun, bagaimana jika ASI tidak keluar sesaat setelah melahirkan? Tidak perlu panik Bu, karena sebagian besar Ibu baru dapat mengeluarkan ASI setelah 1-3 hari pasca melahirkan.

 

Jika di hari keempat ASI tidak juga keluar, tandanya Ibu harus melakukan beberapa cara agar Si Kecil bisa segera menyusu. Mulai dari pumping, hingga minum suplemen pemicu produksi ASI.

 

Produksi ASI

Selama masa kehamilan, plasenta Ibu memiliki peran penting dalam menghasilkan hormon yang memproduksi ASI. Setelah Si Kecil lahir, plasenta memisahkan diri dari Rahim. Hal ini mengakibatkan kadar hormon progesteron menurun drastis, dan memicu tubuh produksi ASI sekitar 32-40 jam setelah kelahiran. Selain progesteron, ada beberapa hormon lain yang juga berperan dalam produksi ASI, di antaranya hormon prolaktin, insulin, dan kortisol.

Terkadang, ASI bisa terlambat keluar dari puting payudara Ibu. Bila kondisi ini terjadi, Ibu tak perlu panik. Sebab, rasa panik tersebut justru bisa semakin memperparah kondisi Ibu. Segeralah berbicara dengan konsultan laktasi. Semakin cepat Ibu mengambil tindakan, akan semakin mengurangi risiko stres yang juga menjadi salah satu faktor penyebab produksi ASI terhambat.

Tips Produksi ASI Lancar Usai Melahirkan
Untuk membantu optimalkan perkembangan balita, tentu perlu didukung dengan pemberian ASI eksklusif, terutama begitu Si Kecil lahir. Agar produksi ASI lancar, Ibu disarankan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Kelola Stres

Stres bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung, depresi, hingga produksi ASI yang terhambat. Jadi, sebisa mungkin lakukanlah hal yang menyenangkan agar Ibu terhindar dari stres.

2. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Pola makan yang tidak tepat, konsumsi alkohol, rokok, hingga asupan kafein yang tinggi dapat memengaruhi produksi ASI pada Ibu menyusui. Untuk itu, Ibu sebaiknya menjaga pola makan yang sehat tiap harinya, yakni perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta penuhi kebutuhan air setiap harinya. Agar tubuh tetap bugar, mulailah lagi rutin berolahraga. Ibu bisa mencoba olahraga ringan terlebih dahulu, seperti jalan kaki, jogging, atau berenang.

3. Berkonsultasi dengan Dokter Sebelum Konsumsi Obat

Obat-obatan tertentu bekerja dengan memanipulasi hormon, misalnya pada pil KB dan obat herbal yang mengandung oregano dan mint. Konsumsi obat ini saat menyusui, berisiko memengaruhi produksi ASI. Jadi, selalu konsultasikan berbagai jenis obat yang akan dikonsumsi kepada dokter ya, Bu. Dengan begitu, Ibu bisa dapatkan saran terbaik agar produksi ASI berjalan lancar. 

4. Sering Menyusui

Konsultan laktasi Philippa Pearson-Glaze dari lembaga nonprofit International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC), di West Midlands, Inggris, menyarankan para Ibu semakin sering menyusui Si Kecil. Ini karena hal tersebut dapat membantu memicu produksi ASI. Oleh sebab itu, meski di awal produksi ASI Ibu hanya sedikit, Ibu jangan menyerah untuk menyusu Si Kecil, ya.
5. Memijat Payudara
Memijat payudara dapat membantu mengalirkan ASI lebih banyak. Sehingga, kebutuhan asupan Si Kecil bisa tercukupi. Jangan ragu Bu, mintalah saran dari tenaga medis untuk mengajarkan cara memijat payudara yang tepat.

 

Nah, semoga informasi di atas bisa mengurangi kecemasan Ibu dan membantu Ibu memperlancar produksi ASI. Untuk mengetahui tips lainnya seputar menyusui dan juga mendukung perkembangan balita dengan optimal, Ibu bisa simak di situs Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat. Yuk, daftar jadi anggota di Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat Bu, dan dapatkan akses eksklusif ke Program Nutrisi sesuai tahap pertumbuhan Si Kecil, serta info promo menarik!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.