Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Tips Hadapi Temper Tantrum

 

Temper tantrum adalah kejadian di mana Si Kecil terus merengek hingga menangis, bahkan sampai meraung-raung agar keinginannya dipenuhi. Sebenarnya, perilaku tantrum Si Kecil ini masih normal. Menghadapi temper tantrum Si Kecil bisa dibilang termasuk situasi yang cukup sering membuat Ibu pusing. 

Kamis, 4 Agustus 2016

Hampir semua anak di bawah usia lima tahun pernah mengalaminya karena ini termasuk proses tumbuh kembang. Namun, kejadian ini memang menyulitkan, bahkan memalukan apabila terjadi di tempat umum seperti di supermarket atau di rumah orang lain. Memang sulit, tapi jangan terus menuruti keinginan Si Kecil. Segera koreksi perilakunya!

Bersikap Tenang dan Tegas
Langkah pertama ketika Si Kecil mengalami tantrum adalah tetap bersikap tenang dan tidak ikut marah. Tatap wajahnya dan katakan dengan lembut tapi tegas bahwa ia telah bersikap melewati batas dan ia harus berhenti. Apaila Si Kecil terus menangis dan tidak bisa mengontrolnya, Ibu bisa memeluk dan menenangkannya sambil mengucapkan kata-kata lembut yang mengungkapkan rasa sayang.

Berikan Pengalihan
Salah satu trik lainnya dalam menghadapi temper tantrum adalah dengan memberikan Si Kecil pengalih perhatian. Ibu bisa menyimpan benda berbahaya yang ingin dimainkan Si Kecil dan menggantinya dengan mainan yang lebih aman seperti boneka. Boleh juga dengan menggendong dan mengajaknya berjalan-jalan sambil mengalihkan perhatiannya seperti dengan mengajaknya bernyanyi.

Berikan Jarak
Apabila Si Kecil terus menangis sampai meraung-raung dan membuat Ibu kebingungan mengatasinya, diamkan ia sejenak. Berikan penjelasan sebelumnya bahwa Ibu akan kembali memberikan perhatian padanya jika ia sudah berhasil tenang. Jangan ikuti keinginannya sampai dia tenang. Apabila Ibu menurutinya, ia akan berpikir bahwa tantrum adalah cara efektif untuk mendapatkan keinginannya.

Jika Si Kecil sudah tenang, Ibu bisa jelaskan padanya bahwa ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan keinginannya. Penting diingat untuk tidak mengancam Si Kecil sebagai cara menghadapi temper tantrum. Ancaman hanya akan membuatnya semakin kesal dan memperpanjang tantrumnya.

Nah, sudah tahu, kan, apa yang harus dilakukan ketika Si Kecil ketika mengalami tantrum? Yuk, share artikel ini agar Ibu lainnya juga tahu!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.