Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Berikut Ini Adalah Tips untuk Menghindarkan Si Kecil dari Risiko Terkena Bintik Merah.

Tips Jaga Kebersihan di Sekitar Bayi Baru Lahir

 

Bayi baru lahir memiliki kulit yang sensitif, sehingga bintik merah menjadi hal yang mungkin sekali terjadi pada Si Kecil yang baru saja lahir. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi ini adalah kebersihan di sekitar ruangan Si Kecil. Debu dan kotoran bisa menjadi penyebab timbulnya bintik merah di badan anak.

Kamis, 9 Agustus 2018

Oleh karena itu, penting sekali bagi Ibu untuk selalu menjaga kondisi lingkungan di sekitar Si Kecil, mulai dari ruangan, baju, mainan, interaksi dengan orang sekitar, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah tips yang bisa Ibu terapkan saat membersihkan area kamar atau ruangan dimana Si Kecil sering berada.

1. Buat Kotak Sanitasi

Simpan persediaan alat sanitasi Ibu di tempat yang mudah dijangkau. Isinya bisa berupa gel atau cairan antibakteri, tisu, atau penyegar udara ramah anak. Dengan demikian, Ibu dapat lebih mudah melindungi Si Kecil agar terhindar dari kuman.

2. Gunakan Pembersih Khusus Bayi

Pastikan Ibu hanya menggunakan pembersih yang bebas zat berbahaya dan ramah lingkungan. Baca keterangan pada label kemasan dengan saksama sebelum membeli. Akan lebih baik bila Ibu memilih produk berlabel khusus bayi.

3. Atur Ventilasi dan Letakkan Tanaman Pembersih Udara

Meski di dalam ruangan, belum tentu udara di rumah tidak tercemar. Cara terbaik untuk membersihkan udara di sekitar bayi baru lahir adalah dengan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Selain itu, Ibu juga dapat menaruh tanaman di dalam kamar.

Tanaman tertentu dapat membersihkan hingga 90 persen racun di udara dalam waktu kurang dari 24 jam. Beberapa jenis tanaman yang dapat dipilih adalah lidah buaya dan sansevieria (lidah mertua)

4. Gunakan Deterjen Khusus

Untuk pakaian dan segala bahan kain, pastikan dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai. Cuci dengan detergen khusus bayi yang berbentuk cair. Jenis detergen ini tidak menyisakan residu di kain yang berisiko menyebabkan kulit Si Kecil terkena iritasi. Hindari juga penggunaan cairan pelembut, keringkan dengan sinar matahari.

5. Pasang Alat Anti Serangga

Saat ini, berbagai jenis alat penghalau serangga banyak dijual di pasaran. Pasang di setiap ruangan untuk menghindari masuknya serangga yang dapat menggigit Si Kecil dan menimbulkan bintik merah pada kulitnya.

6. Bersihkan Mainan Secara Berkala

Si Kecil rentan memasukkan mainan atau barang yang ada di sekitarnya ke mulut. Oleh karena itu, pastikan mainan atau boneka yang ada di sekelilingnya dibersihkan secara berkala, setidaknya seminggu sekali. Bersihkan dengan disinfektan, lalu bilas dengan air dan keringkan.

7. Jaga Lantai Tetap Bersih

Si Kecil tentunya akan banyak menghabiskan waktunya di lantai. Oleh sebab itu, Ibu harus memastikan karpet atau lantai terbebas dari debu, tungau, dan jamur. Sebaiknya sapu dan pel lantai secar rutin dua kali sehari. Pastikan juga Ibu menggunakan karpet yang berbeda setiap dua kali dalam seminggu untuk berjaga-jaga.

Kebersihan lingkungan sekitar bayi baru lahir sudah sepatutnya menjadi perhatian Ibu. Hal ini untuk menghindari Si Kecil terkena alergi, gigitan serangga, kuman, ataupun bakteri yang dapat menimbulkan bintik merah pada kulitnya. Jadi, jaga terus kebersihan lingkungan Si Kecil, ya Bu!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.