Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Tips Kurangi Rasa Sakit saat Imunisasi

 

Imunisasi adalah awal penting dari perawatan kesehatan Si Kecil, yang berguna untuk melindunginya dari penyakit khusus yang berbahaya. 

Rabu, 3 Agustus 2016

Namun sayangnya, rasa sakit dari jarum suntik sering dialami oleh Si Kecil, sehingga dapat membuatnya jadi takut dengan dokter atau rumah sakit. Hal ini bisa berdampak buruk pada perawatan kesehatan Si Kecil ke depannya. 

Nah, jangan sampai Ibu jadi menunda imunisasi hanya karena tidak mau melihat Si Kecil kesakitan. Oleh sebab itu, yuk simak tips mengurangi rasa sakit Si Kecil saat imunisasi!

•    Bersikap tenang. Atur napas Ibu dan bersikaplah seperti biasa sebelum, saat, dan setelah Si Kecil disuntik. Tidak perlu panik dan berbicaralah dengan suara normal. Sikap Ibu yang tenang dapat dirasakan oleh Si Kecil, sehingga ia akan merasa lebih nyaman.

•    Alihkan perhatian Si Kecil. Ibu bisa mengajaknya mengobrol, menyanyi, atau membawakan mainan favoritnya. Saat ia disuntik, teruslah mengalihkan perhatiannya dengan riang. Buat agar suasana menjadi tidak menyeramkan bagi Si Kecil.

•    Menggendong Si Kecil. Dekapan Ibu juga dapat membuat Si Kecil tenang dan tidak banyak bergerak. Pastikan bagian lengan atau kakinya cukup bebas untuk mempermudah proses penyuntikan. Ingat, jangan mendekap terlalu kencang karena akan membuatnya meronta. Setelah ia disuntik, Ibu bisa menggoyang-goyang Si Kecil dalam gendongan sebagai upaya menenangkannya.

•    Berikan sentuhan menenangkan. Usap lembut lengan atau kaki Si Kecil, karena sentuhan dapat memberikan efek nyaman untuknya. 

Dengan menerapkan tips tersebut, diharapkan rasa sakit yang dialami Si Kecil dapat berkurang. Tetaplah bersabar dalam menenangkannya, dan jangan menghindari imunisasi yang sangat penting untuk kesehatannya. Imunisasi wajib di antaranya adalah Hepatitis B, polio, BCG, DPT dan campak. Selain itu, ada beberapa jenis vaksin lain yang sebaiknya juga diberikan seperti PCV, MMR, HiB dan lain-lain. Setelah melakukan imunisasi, jangan lupa untuk mendukung daya tahan tubuhnya, salah satunya dengan selalu mencukupi kebutuhan nutrisinya dan memberinya asupan yang bergizi.

Apa Ibu punya tips lain untuk mengurangi rasa sakit Si Kecil saat imunisasi? Yuk, share dengan kami dan Ibu lainnya!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.