Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Perkembangan kuku bayi usia 2 bulan harus diperhatikan agar tetap rapi.

Tips Membersihkan Kuku Bayi

(0 review)

Si Kecil yang kini telah hadir di tengah-tengah keluarga tentunya memberikan keajaiban yang luar biasa. Melihatnya tertidur dan berbaring saja sudah dapat membuat Ibu dan Ayah tersenyum bahagia.

Selasa, April 26th, 2016

Si Kecil terlihat lucu dan menyenangkan hati, apalagi jika kebersihan dan kerapihan tubuhnya selalu terjaga. Nah, bagi Ibu muda dengan anak pertama, sangat wajar apabila masih merasa takut dan bingung soal cara membersihkan anggota tubuh Si Kecil yang serba mungil, apalagi bagian kukunya. Untuk itu, belajar lebih jauh tentang cara merawat kuku Si Kecil, yuk!

Tentang Kuku Si Kecil

Pada perkembangan bayi usia 2 bulan , kuku Si Kecil cenderung bersifat lembut, lentur, dan tumbuh dengan cepat. Hal ini tentu membuat Ibu harus rutin merapikan kukunya, minimal sekali dalam seminggu untuk kuku tangan, dan dua kali dalam sebulan untuk kuku kaki yang tumbuh sedikit lebih lambat. Kuku yang panjang dikhawatirkan dapat menjadi sebuah masalah. Karena belum dapat mengontrol gerakan tangannya, Si Kecil kemungkinan dapat mencakar dan melukai wajahnya sendiri dengan kuku yang panjang dan tajam.

Nah, untuk merawat kuku Si Kecil dengan baik, sebaiknya Ibu memerhatikan beberapa hal berikut. Simak tipsnya, yuk!

Cara Menggunting

Ada dua cara yang dapat Ibu pilih, yakni mengupas kuku atau mengguntingnya. Karena tekstur kuku bayi masih sangat lembut, Ibu masih mungkin untuk mengupas kukunya dengan jari Ibu. Tapi ingat, lakukan cara ini dengan sangat perlahan ya, Bu. Kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan luka pada jarinya.

Bila Ibu ragu untuk mengupas kuku Si Kecil, mengguntingnya dengan gunting kuku bayi dapat menjadi cara paling aman, karena desainnya memiliki ujung bulat khusus yang disesuaikan dengan bentuk jari bayi.

Saat menggunting kuku, beri sedikit jarak di antara jari dan kuku agar tidak terpotong. Hindari juga memotong sisi kukunya ya, Bu. Jangan lupa untuk memegang jari-jari mungil Si Kecil dengan sedikit erat saat memotong kukunya, agar ia tak mudah bergerak-gerak. Apabila Ibu tak sengaja melukai jarinya, tak perlu panik. Cukup menempelkan kain yang telah dibasahkan di luka Si Kecil, hingga darahnya berhenti sendiri.

Perhatikan Waktu

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah waktu memotong kuku Si Kecil. Untuk memudahkan proses potong kuku, pilih momen-momen ketika ia sedang cenderung tenang dan tak banyak bergerak, seperti saat sedang tidur atau sedang makan/menyusu. Dengan begitu, Ibu bisa lebih tenang saat memegangi tangan kecilnya.

Minta Bantuan

Jika Ibu masih merasa kesulitan untuk merapikan kuku Si Kecil sendirian, silakan meminta Ayah atau orang dewasa lainnya untuk dapat membantu. Sementara satu orang memegang Si Kecil dengan lembut agar tidak bergerak banyak, Ibu dapat memotong kukunya dengan lebih leluasa.

Sebagai catatan penting, jangan pernah menggigit kuku bayi, karena akan menyebarkan kuman dari mulut Ibu ke jarinya. Bahkan, hal tersebut dapat menyebabkan infeksi jika sampai terjadi luka.

Bagaimana Bu, sudah lebih jelas, bukan? Jangan lupa untuk terus mendukung kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil dengan memberinya ASI eksklusif, karena ada banyak sekali manfaat ASI bagi bayi. Tetap semangat, ya!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review