Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Optimalkan Perkembangan Anak 3 Tahun dengan Belajar Berhitung

Tips Membuat Waktu Belajar Berhitung Si Kecil Jadi Makin Fun!

 

Saat Si Kecil memasuki masa perkembangan anak 3 tahun ke atas, ada beberapa hal yang bisa diajarkan, salah satunya adalah berhitung.

Jumat, 14 Desember 2018

Ada banyak cara yang bisa Happy Parents lakukan untuk mengajarkan konsep hitung pada Si Kecil. Berikut ini adalah beberapa cara seru yang bisa Moms coba di rumah:

 

1. Menggunakan Kartu

Cara membuatnya mudah, Moms. Ambil kertas, lalu potong menjadi seukuran kartu. Buat bulatan kecil di masing-masing kartu menggunakan spidol berwarna. Dimulai dari satu bulatan di kartu pertama, dua bulatan di kartu kedua, dan seterusnya. Setiap titik menandakan jumlah angkanya. Untuk mengenalkan anak dengan angka, Moms bisa menuliskan angka di sebelah tanda bulatan. Setelah semua kartu selesai dibuat, ajak Si Kecil menghitung bulatan yang ada pada kartu tersebut secara berurutan dari 1-10.

2. Menyanyi & Menari

Ajarkan Si Kecil berhitung dengan cara bernyanyi dan menari yuk, Moms! Ini bisa jadi cara belajar yang seru, karena Si Kecil juga diajak untuk menggerakkan badannya. Moms bisa mulai dengan lagu-lagu yang familiar di telinga Si Kecil. Misalnya, lagu seperti “Satu-satu, aku sayang Ibu. Dua-dua, juga sayang ayah, …”

3. Bermain dengan Bola-bola Warna

Dalam perkembangan anak usia 3 tahun, belajar berhitung akan lebih menarik bila dilakukan dengan sejumlah benda, misalnya bola-bola warna. Sambil melempar bola ke dalam kotak, Moms bisa mengajarkan Si Kecil menghitung bola yang dilempar satu-demi satu. Bermain dan interaksi yang menyenangkan ini menjadi aspek yang cukup penting dalam proses perkembangan anak 3 tahun dalam memahami konsep berhitung.

4. Berhitung dengan Buah-buahan

Judith Hudson, psikolog dari Rutgers University di New Brunswick, New Jersey, Amerika Serikat, menyarankan Moms mengajarkan anak konsep perhitungan dengan menghitung benda yang ada dalam kesehariannya, salah satunya adalah buah. Misalnya saja, Moms bisa mengajak Si Kecil menghitung irisan apel yang ada di piringnya. Lalu, setelah buah dimakan, ajak kembali Si Kecil untuk menghitung ulang jumlahnya.

5. Manfaatkan Peluang Sehari-Hari

Manfaatkan peluang dalam aktivitas harian untuk mengajak Si Kecil berhitung Bersama. Saat Moms menata meja makan misalnya, Moms bisa mengajak Si Kecil menghitung jumlah sendok atau garpu  yang diletakkan di meja. “Satu untuk ayah, satu untuk ibu, dan satu untuk kamu! Satu, dua, tiga sendok!”

Aktivitas yang setiap hari dilakukan ini tentunya akan terekam dalam memori Si Kecil, dan ia pun dapat memahami konsep berhitung yang sederhana.

6. Menyisipkan Latihan Berhitung Saat Bermain

Saat menemani Si Kecil bermain, Moms juga dapat menyisipkan pelajaran berhitung. Misalnya saja saat ia bermain mobil-mobilan atau masak-masakan, Moms dapat mengajak Si Kecil menghitung mainan yang ada di hadapannya. “Satu mobil, dua mobil, …” Cara ini cukup efektif untuk mengenalkan Si Kecil dengan konsep perhitungan.

Nah, itulah beberapa cara seru yang bisa Happy Parents lakukan untuk mengajari Si Kecil berhitung. Agar ia dapat belajar dan bermain dengan ceria, Moms perlu membantu menjaga kesehatannya senantiasa terjaga. Ini semua bisa dimulai dengan menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil, yang merupakan daya tahan tubuh terbesarnya. Berikan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan pencernaannya. Salah satunya, Nestlé LACTOGROW 3 yang mengandung kalsium, 12 vitamin, 7 mineral, minyak ikan, omega 3 & 6 , dan Lactobacillus reuteri untuk dukung tumbuh kembang anak.

 

Yuk, dukung perkembangan anak 3 tahun dengan memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat! Dengan begitu, Moms dapat mendukung Si Kecil tumbuh sehat, aktif, dan bahagia!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.