Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ketika anak bisa jalan, Bunda perlu memilihkan sepatu yang aman dan nyaman agar tumbuh kembangnya optimal.

Tips Memilih Sepatu Saat Si Kecil Mulai Berjalan

 

Selamat, Bunda! Si Kecil sudah melakukan langkah pertamanya. Untuk anak bisa jalan, Bunda perlu mendukung tumbuh kembangnya, salah satunya dengan menyediakan sepatu yang tepat.

Kamis, 27 September 2018

Berikut hal-hal yang perlu Bunda perhatikan saat memilih sepatu Si Kecil:

 

1. Pilih Sepatu dengan Pengencang Velcro

Pengencang velcro dapat mempermudah Bunda saat memakaikan sepatu ke Si Kecil. Selain itu, Bunda juga tak perlu khawatir tali sepatu Si Kecil mudah lepas selama pemakaian. Apabila Bunda tetap menginginkan sepatu bertali, pilih yang talinya cukup panjang agar dapat diikat simpul ganda. Dengan demikian, tali pun tak akan mudah terlepas saat anak belajar jalan.

2. Bahan Ringan dan Sol Fleksibel 

Spesialis kaki asal Amerika Serikat bernama Steven G. Tillett, DPM, menyarankan untuk memilih sepatu kets yang tidak membebani kaki dan tidak menghambat pertumbuhan tulang. Jadi, pilihlah sepatu yang berbahan yang ringan dan memungkinkan kaki bisa bernapas. Hindari sepatu berbahan kulit yang kaku. Untuk sol, tentunya pilih yang lentur. Joanne Cox selaku Kepala Asosiasi Pediatri di Children’s Hospital Boston mengatakan bahwa biasanya sol kulit atau karet akan lebih fleksibel ketika kaki Si Kecil mengalami pertumbuhan.

3. Ukur dan Coba Sepatu pada Si Kecil

Saat anak bisa jalan, penting bagi Si Kecil untuk mencoba sepatu sebelum digunakan. Ketika Si Kecil mengenakan sepatu itu sambil berdiri, pastikan masih ada cukup ruang gerak untuk kakinya yang tumbuh dengan cepat. Ada baiknya, Bunda mengecek pertumbuhan kaki Si Kecil tiap bulannya dan memastikan sepatu Si Kecil tidak kekecilan.

Berdasarkan penjelasan dari Linda Goulet, seorang pengusaha sepatu anak Panda Shoes dari Kanada, saat membeli, ukurlah lebar, punggung kaki, dan kelenturan sepatu tersebut (telapak sepatu mudah ditekuk).

4. Sepatu Harus Menutup Seluruh Telapak Kaki

Untuk Si Kecil yang baru mulai belajar berjalan, dibutuhkan perlindungan kaki yang maksimal. Oleh sebab itu, akan lebih baik bila Bunda memlih sepatu yang menutup seluruh kaki. Jika ingin membelikan jenis sepatu lain untuk Si Kecil, misalnya sepatu sandal, Bunda dapat memberikannya saat Si Kecil berusia 2 tahun atau lebih.

 

Itulah Bunda beberapa tips yang bisa dipertimbangkan saat memilih sepatu Si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Saat ini, Bunda bisa jadi masih terkagum bahwa Si Kecil sudah mulai berjalan. Untuk terus mendukung proses anak bisa jalan, berikan juga asupan bergizi seimbang untuk Si Kecil. Bunda dapat menyediakan Nestlé CERELAC Bubur Sereal dengan kandungan 11 vitamin, 5 mineral, dan omega 6 (asam linoleate), serta tinggi zat besi, yodium, dan vitamin A.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.