Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Bunda, Berikut Ini yang Perlu Dipersiapkan untuk MPASI Pertama Si Kecil

Tips Mempersiapkan Menu MPASI Pertama Si Kecil

 
Persiapkan Menu MPASI Pertama Si Kecil dengan Mempertimbangkan Hal-hal berikut Ini

Rabu, 4 Maret 2020

Bunda pasti sudah tidak sabar menyaksikan momen pertama buah hati melahap menu MPASI-nya. Sebelum itu, ayo cari tahu terlebih dulu apa saja yang perlu Bunda perhatikan dalam persiapan MPASI pertama Si Kecil. Sebab, mempersiapkan makanan untuk Si Kecil juga ada aturannya, lho.

  • Pastikan Peralatan Makan dan Masak Terpisah dari Milik Keluarga
    Peralatan masak di rumah umumnya sudah biasa digunakan untuk mengolah bahan makanan yang berminyak, berbau tajam, hingga bercita rasa pedas. Oleh sebab itu, supaya lidah Si Kecil lebih “aman”, pastikan Bunda memisahkan peralatan masak dan makan yang akan digunakan untuk mengolah MPASI.
    Sebelum menggunakan peralatan makan Si Kecil, Bunda juga harus memastikan semua peralatan tersebut dicuci bersih dan dibiarkan kering. Setelah itu, Bunda bisa memasukkan alat makan dan masak Si Kecil ke dalam sterilizer. Usai disterilkan, Bunda bisa menyimpannya ke dalam rak tertutup sehingga lebih terlindung dari debu maupun serangga. Hal ini penting dilakukan, mengingat perut Si Kecil masih menyesuaikan dengan asupan makanan pertamanya.

  • Pastikan Menu MPASI Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil
    Mengingat Si Kecil sudah mulai diberikan MPASI, Bunda perlu memberikan berbagai asupan makanan bergizi. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan pada masa ini adalah Zat Besi, Kalsium, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin D, dan Asam Lemak Omega-3. Bunda bisa mendapatkannya dari berbagai sayur dan lauk-pauk.
    Selain itu, Bunda juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil dengan mengombinasikan resep MPASI homemade Bunda, seperti sayur, daging, atau buah-buahan dengan CERELAC Risenutri. CERELAC Risenutri merupakan bubur polos dengan tekstur pas yang diperkaya 10 Vitamin, 6 Mineral, Omega 3, Omega 6, juga tinggi Zat Besi untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil.

  • Kenali Riwayat Alergi Keluarga 
    Selain memberikan asupan makanan untuk MPASI homemade yang bervariasi, Bunda juga perlu mengenali riwayat alergi dalam keluarga. Misalnya, jika Ayah atau Bunda alergi makanan laut, sebaiknya tunda pemberian udang dan seafood lainnya hingga Si Kecil berusia 1 tahun. Pada masa tersebut, sistem pencernaan Si Kecil umumnya lebih kuat dibanding anak usia di bawah 1 tahun. 
    Bila dalam keluarga Bunda tidak ada yang memiliki riwayat alergi, Bunda tetap perlu memerhatikan reaksi tubuh Si Kecil terhadap MPASI yang dikonsumsi. Gejalanya bisa berupa bintik merah, gatal, batuk, muntah, diare, hingga buang air besar berdarah. Konsultasikan dengan dokter anak Bunda untuk mengetahui menu apa saja yang sebaiknya dihindari Si Kecil.

  • Berikan Tekstur MPASI yang Pas untuk Si Kecil
    Hal lainnya yang perlu Bunda perhatikan adalah mengenali tekstur yang pas untuk makanan pertamanya. Ini mungkin menjadi tantangan bagi Bunda, terutama bila momen ini merupakan pengalaman pertama. Oleh sebab itu, untuk memudahkan persiapan MPASI, Bunda bisa menggunakan CERELAC Risenutri sebagai bubur polos pasangan MPASI homemade Si Kecil. CERELAC Risenutri bubur polos dengan tekstur yang pas untuk Si Kecil, bantu Bunda buat MPASI homemade lebih mudah, praktis, dan bergizi.

  • Sesuaikan Porsi dan Jadwal Makan dengan Kebutuhan Si Kecil 
    Sajikan porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan Si Kecil, begitu juga dengan waktu makannya. Sebab, bila Si Kecil diberikan makan saat masih kenyang, tentunya ia akan menolak makanan apapun yang diberikan. Hal ini juga rentan membuat Si Kecil mengalami gerakan tutup mulut atau GTM, Bunda.

Menyiapkan MPASI pertama Si Kecil mungkin menjadi hal yang terkadang membuat Bunda bingung. Namun, Bunda harus selalu sabar menghadapi Si Kecil saat waktu makan tiba, ya. Selain itu, supaya tidak kesulitan karena lamanya menyiapkan MPASI, Bunda dapat menyiapkan CERELAC Risenutri agar lebih hemat waktu. Jadi, Bunda cukup menyiapkan lauk pauk lainnya, manis maupun gurih, sesuai selera Si Kecil.  Yuk, coba CERELAC Risenutri sebagai pasangan MPASI homemade Bunda sekarang!

Sumber:

https://www.madeformums.com/baby/how-to-prepare-and-serve-baby-food-safely/

https://www.babycentre.co.uk/a546665/preparing-first-foods

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/18/191630820/kenali-jenis-alergi-pada-bayi-dan-solusinya?page=all

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Cari

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.