Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ajarkan Si Kecil apa itu ruam dan cara menjaga kebersihan tubuh sejak dini.

Tips Mengajarkan Si Kecil Menjaga Kebersihan Tubuh Sejak Dini

 

Ibu melihat ada ruam atau bintik merah di kulit Si Kecil? Jangan langsung panik. Ruam atau bintik merah tersebut memang bisa muncul ketika kebersihan kulit Si Kecil kurang terjaga.

Minggu, 2 September 2018

Oleh karena itu, Ibu perlu memahami apa itu ruam yang perlu diwaspadai dan tips mengajarkan Si Kecil menjaga kebersihan tubuhnya sejak dini.

Ruam adalah kondisi kulit yang bengkak atau menggembung, ditandai dengan adanya bintik merah, terasa gatal, terkadang disertai kulit yang mengeras atau benjolan yang melepuh pada kulit.

Kondisi ini dapat diatasi atau dicegah salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan tubuh Si Kecil. Apalagi, anak berusia 1-3 tahun rentan terhadap infeksi kuman yang dapat menular melalui anggota tubuh. Adanya bintik merah pada telapak tangan dan kaki anak, atau bagian lain di tubuhnya, mungkin bisa makin parah, jika dibiarkan. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk mengajarkan Si Kecil soal pentingnya menjaga kebersihan tubuh sejak dini. 

Ajari Si Kecil untuk Lakukan Ini!

Setelah mengenali apa itu ruam yang memengaruhi kesehatan kulit dan tubuh Si Kecil, Ibu tentu perlu tahu cara menghadapi kondisi tersebut. Salah satunya adalah dengan mengajarkan Si Kecil cara menjaga kebersihan tubuhnya sejak dini. Bagaimana caranya? Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa Ibu terapkan dalam keseharian Si Kecil:

1. Biasakan Mencuci Tangan

Ajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan menggunakan sabun selama 15-20 detik, dengan menggosok tangan hingga sela-sela jari. Setelah itu, biasakan juga ia untuk mengeringkan tangannya. Cuci tangan bisa dilakukan sebelum dan sesudah makan, setiap kali sehabis dari toilet, setiap kali setelah menyentuh hewan, setiap kali setelah bermain di luar, dan setiap kali tangannya kotor.

2. Rutin Mandi & Keramas 

Kuman dapat menempel pada tubuh dan rambut, apalagi setelah ia bermain seharian. Selain membiasakan Si Kecil untuk rutin mandi dan keramas minimal dua kali sehari, Ibu perlu mengajarkan Si Kecil cara membersihkan tubuh dan mencuci rambut dengan baik dan benar. Jadikan mandi dan keramas sebagai rutinitas yang menyenangkan, misalnya sebutkan urutan bagian tubuh mana yang perlu dibersihkan lebih dulu. Lama-lama, Si Kecil akan terbiasa dengan rutinitas ini, dan akan bisa melakukannya sendiri nantinya.

3. Beri Contoh yang Baik

Anak-anak adalah peniru. Oleh sebab itu, berikan contoh dalam keseharian, mulai dari bangun tidur merapikan tempat tidur, mandi, gosok gigi, cuci tangan sebelum makan, mencuci kaki sebelum tidur, buang sampah pada tempatnya, dan berbagai aktivitas sehari-hari untuk menjaga kebersihan lainnya. Dengan begitu, Si Kecil akan menemukan pola aktivitas yang harus ia lakukan dalam menjaga kebersihan, sama seperti orang tuanya.

5. Jelaskan Soal Pentingnya Kebersihan

Mengingat ia masih kecil, Ibu dapat menjelaskan pentingnya kebersihan menggunakan cerita dan tokoh bergambar dengan warna yang menarik. Misalnya, jika ia tidak mau mandi, badannya akan kotor dan menyimpan banyak kuman yang dapat menyebabkan sakit.

Hal lain yang sebaiknya dibiasakan adalah Si Kecil dapat memerhatikan kondisi tubuhnya sendiri, misalnya jika ada ruam di tubuhnya. Ibu bisa menjelaskan apa itu ruam dan seperti apa tandanya. Jika Si Kecil mengalami ruam atau kondisi lain yang menyebabkan ia merasa tidak nyaman, ia terbiasa untuk segera memberitahukannya pada Ibu.

Selain menjaga kebersihan tubuh Si Kecil, kesehatan fisiknya juga bisa dijaga dari dalam. Ibu dapat melakukannya dengan memberikan makanan bergizi seimbang. Untuk melengkapi nutrisi hariannya, Ibu dapat memberikan Nestlé NANkid pHPro 3 yang mengandung protein whey terhidrolisis parsial.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.