Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Tekstur MPASI Si Kecil Tepat, Pertumbuhannya pun Optimal

Tips Mengenali Tahapan Tekstur MPASI Si Kecil

 
Bunda, Ketahui Tahapan Asupan Tekstur MPASI Si Kecil

Kamis, 5 Maret 2020

Bunda mungkin sudah tak sabar menyiapkan MPASI untuk Si Kecil. Selain mencari tahu bahan dan resep, Bunda perlu mengenali tekstur MPASI yang cocok untuk Si Kecil dan tahapan pemberiannya. Yuk, simak penjelasan berikut ini, Bunda!

  • Kenali Jenis Tekstur MPASI
    Bunda perlu mengenal lebih dulu tekstur MPASI yang umum diberikan kepada Si Kecil. Dengan begitu, Bunda bisa mencari tahu cara naik tekstur MPASI secara bertahap.
    Dari jenisnya, terdapat tiga tekstur menu MPASI Si Kecil, yakni lumat, lembek, dan padat. MPASI lumat adalah tekstur pertama yang harus diberikan pada Si Kecil dalam bentuk puree. Secara bertahap, Bunda dapat memberikan puree dari yang dicairkan dengan ASI, kemudian puree yang lebih padat.
    Tahap kedua adalah MPASI bertekstur lembek. Misalnya, makanan yang dicincang seperti tahu cincang, atau keju dan pasta yang juga dicincang.
    Tahap terakhir adalah menu yang bertekstur padat yang bisa diraih dengan jari-jemarinya. Contohnya adalah potongan buah, roti, atau keju yang dipotong dadu.

  •  Urutkan Tahapan Pemberian Tekstur MPASI sesuai Perkembangan Si Kecil 
    Ketika Si Kecil sudah bisa makan dengan posisi kepala tegak, Bunda dapat mulai memberikan makanan bertekstur lumat. Kemudian saat Si Kecil mulai mengunyah, berikan menu bertekstur lembek. Untuk tekstur MPASI padat bisa Bunda berikan saat Si Kecil mulai bisa makan sendiri dengan koordinasi tangan yang baik.
    Setelah mengenali tekstur MPASI yang tepat sesuai usia Si Kecil, Bunda juga bisa mengombinasikannya dengan CERELAC Risenutri untuk membuat MPASI homemade yang praktis dan bergizi.
    CERELAC Risenutri adalah bubur polos dengan tekstur yang pas untuk Si Kecil untuk membantu Bunda lebih mudah menyiapkan MPASI homemade. Bunda cukup menambahkan topping dengan cita rasa gurih maupun manis, sesuai selera Si Kecil. Selain itu, Bunda juga bebas mengatur tekstur topping sesuai kebutuhan Si Kecil.

  • Tanda Si Kecil Siap Naik Tekstur 
    Memasuki usia 9 bulan, Si Kecil akan memasuki masa penting untuk dikenalkan dengan berbagai macam tekstur makanan, terutama yang lembut dan lunak. Selama masa transisi ini, Si Kecil mungkin menolak untuk makan atau justru memuntahkannya. Bila hal ini terjadi, tandanya ia belum siap untuk naik tekstur karena merasa makanannya terlalu padat atau kental. Paling tidak, Si Kecil butuh 10-15 kali mencoba tekstur baru untuk bisa menerimanya. Oleh sebab itu, Bunda perlu stok kesabaran ekstra.

Itulah tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengenali tekstur MPASI bernutrisi sesuai kebutuhan Si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat dan memudahkan Bunda mengkreasikan menu MPASI homemade dengan CERELAC Risenutri. Apapun resep MPASI homemade-nya, CERELAC Risenutri pasangannya!

Sumber:

https://health.detik.com/ibu-dan-anak/d-3297191/bayi-sering-tolak-tekstur-baru-mpasi-bagaimana-mengakalinya

https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=1458&language=English

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Cari

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.