Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ketahui tips mengolah makanan pendamping ASI untuk bayi 7 bulan.

Tips Mengolah Makanan Pendamping ASI Si Kecil

 

Melewati usia 6 bulan, Si Kecil disarankan untuk mulai mengonsumsi makanan padat, selain ASI. Oleh karena itu, Ibu perlu memerhatikan kandungan nutrisi makanan bayi 7 bulan ke atas. Meskipun sudah bisa makan makanan padat, tidak berarti ia bisa makan seperti orang dewasa, Bun.

Jumat, 28 September 2018

Proses pengolahan makanan pendamping ASI menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kualitas dan nutrisi makanan Si Kecil. Bukan hanya soal kebersihan saat mengolah masakan, jenis bahan yang dipilih juga harus sesuai dengan perkembangan Si Kecil saat ini.

 

Tips Mengolah Makanan Bayi

 

Mengolah makanan bayi 7 bulan ke atas memang membutuhkan pertimbangan khusus, agar Si Kecil mendapatkan manfaat optimal dari nutrisi makanan tersebut. Berikut hal yang perlu Ibu perhatikan saat mengolah MP-ASI Si Kecil:

1. Cuci Tangan

Biasakan untuk selalu mencuci tangan Bunda sebelum dan sesudah mengolah makanan. Selalu gunakan handuk, lap, dan spons yang bersih.

 

2. Pisahkan Produk Hewani

Daging mentah, ayam, dan ikan dapat mencemari makanan lain. Simpanlah secara terpisah di lemari pendingin. Cuci peralatan yang digunakan untuk membersihkan atau mengolah produk hewani, sebelum digunakan untuk mengolah bahan makanan lainnya.

 

3. Perhatikan Masa Kedaluwarsa & Cara Penyimpanan

Saat membeli dan menyimpan makanan Si Kecil, selalu perhatikan masa kedaluwarsa dan cara penyimpanan, agar kondisi makanan tetap terjaga dengan baik saat akan digunakan.

 

4. Cegah Makanan Terpapar Udara

Hindari menggunakan bahan makanan Si Kecil yang telah terpapar udara terbuka, dengan jangka waktu satu hari setelah dibuka. Makanan tersebut berisiko tinggi terkontaminasi bakteri. Setelah makanan pendamping ASI sudah jadi, hindari membiarkannya terpapar udara lebih dari dua jam pada suhu kamar. Pastikan juga Bunda selalu memerhatikan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan, ya.

 

5. Hindari Bahan Makanan  Tertentu

Untuk Si Kecil yang belum menginjak usia 1 tahun, Bunda disarankan tidak menggunakan bahan makanan yang berasa asam, seperti lemon. Buah-buahan ini dapat menyebabkan ruam popok yang menyiksa Si Kecil.

Selain itu, Ibu sebaiknya tidak memberikan susu sapi murni karena sistem pencernaan Si Kecil belum siap untuk menerimanya. Madu juga sebaiknya tidak diberikan karena berisiko mengandung bakteri Clostridium Botulinum yang menyebabkan keracunan pada Si Kecil yang belum berusia setahun.

 

6. Perhatikan Cara Mengolah Makanan

Pertimbangkan untuk mengukus dan memanggang daripada menggoreng. Sebab, nutrisi alami dalam makanan bisa lebih terjaga jika menggunakan kedua metode memasak tersebut.

 

7. Perhatikan Lama Memasak

Produk hewani seperti daging, ayam, ikan, telur, sebaiknya dimasak matang, Bun. Sementara sayur atau buah sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Untuk Si Kecil usia di bawah 12 bulan, Bunda juga sebaiknya menyiapkan makanan dengan tekstur yang halus dan lembut, agar mudah dicerna oleh Si Kecil yang baru belajar mengunyah dan menelan.

 

8. Lebih Praktis dengan Bubur Sereal

Saat hanya punya sedikit waktu untuk mengolah MP-ASI Si Kecil, Bunda dapat memberikan bubur sereal yang dapat disiapkan dengan sederhana dan cepat. Saat ini, sudah banyak pilihan bubur sereal dengan berbagai varian rasa dan dapat disesuaikan dengan usia dan kebutuhan nutrisi Si Kecil saat ini. 

9. Lakukan Konsultasi pada Kondisi Tertentu

Jika Si Kecil memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya alergi atau sedang sakit, ada baiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan bahan makanan tertentu. Hal ini untuk menghindari si Kecil mengalami gangguan kesehatan.

 

Demikianlah tips yang dapat Bunda terapkan untuk menjaga nutrisi saat mengolah makanan bayi 7 bulan ke atas. Memang butuh usaha ekstra untuk memastikan Si Kecil mendapatkan asupan bernutrisi seimbang yang dapat mendukung tumbuh kembangnya saat ini. Untuk membantu Bunda dalam menyiapkan MP-ASI Si Kecil, ada Nestlé CERELAC Bubur Sereal yang hadir dengan berbagai varian rasa, serta mengandung 11 vitamin, 5 mineral, dan omega 6 (asam linoleat), serta tinggi zat besi, yodium, dan vitamin A untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.