Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Tips Mempertahankan Nutrisi Pada Menu MPASI 6 Bulan Si Kecil

Tips Mengolah Menu MPASI 6 Bulan

 

Tahukah, Bunda? Nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil dan orang dewasa itu berbeda, jadi Bunda perlu memberikan perhatian ekstra saat menyiapkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk Si Kecil, terutama untuk MPASI 6 bulan.

Selasa, 9 Juli 2019

Risiko nutrisi dalam makanan dapat hilang saat menyiapkan MPASI homemade. Padahal, melewati usia 6 bulan, Si Kecil membutuhkan nutrisi hingga lima kali lebih banyak dan dua kali energi lebih tinggi dari orang dewasa. Pencernaan Si Kecil juga cenderung lebih rentan dan sensitif dibanding orang dewasa. Oleh sebab itu, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini saat menyiapkan menu MPASI pertama Si Kecil. 

 

  1. 1. Gunakan Hanya Bahan-bahan Segar dan Berkualitas Baik

  2.  

  3. Dilansir dari Baby Center, untuk membuat makanan Si Kecil, Bunda disarankan untuk menggunakan bahan-bahan yang dibeli setidaknya dalam satu atau dua hari. American Academy of Pediatricians merekomendasikan Bunda untuk menghindari bahan makanan yang mengandung zat nitrat tinggi seperti buah bit.

 

  1. 2. Cuci Bersih Semua Bahan dan Peralatan untuk Mengolah Makanan

  2.  

  3. Pastikan Bunda telah mencuci seluruh alat dan bahan untuk membuat MPASI 6 bulan pertama Si Kecil. Biasakan juga mencuci tangan sebelum mengolah makanan.

  4. Khusus untuk penggunaan daging mentah, ayam dan ikan, simpan secara terpisah di lemari es, ya. Bahan tersebut dapat mencemari bahan yang lain. Selain itu, hindari menyimpan makanan Si Kecil pada suhu kamar selama lebih dari 2 jam. Hal tersebut dapat menyebabkan kuman berkembang biak di dalamnya. 

 

  1. 3. Hindari Penggunaan Bahan Tertentu

  2.  

  3. Berdasarkan Todays Parent, Si Kecil yang berusia 6-12 bulan sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak garam, gula, atau madu. Bunda perlu tahu bahwa ginjal Si Kecil belum siap untuk mentolerir garam serta gula, sehingga pemberian di awal MPASI perlu dibatasi. Bunda juga baru boleh memberikan madu pada Si Kecil setelah berusia 12 bulan lebih, yakni setelah sistem pencernaannya cukup matang untuk mengatasi bakteri.

 

  1. 4. Perhatikan Cara Pengolahan Bahan Makanan

  2.  

  3. Akan lebih baik bila Bunda mengolah menu MPASI 6 bulan Si Kecil dengan cara dikukus, direbus, ditumis atau dipanggang, agar nutrisinya tetap terjaga. Bunda dapat menghaluskan buah atau sayuran sebagai MPASI homemade, kemudian mengombinasikannya dengan ASI dan Nestlé CERELAC yang menawarkan varian rasa kesukaan Si Kecil. Varian rasa apel, pisang, hingga beras merah akan memberikan pengalaman eksplorasi rasa pada momen MPASI 6 bulan Si Kecil. Menurut Baby Center, porsi makan Si Kecil dimulai dari sebanyak 1 buah sendok teh, kemudian secara bertahap meningkat menjadi 2 atau 3 sendok makan dalam empat kali pemberian, atau sesuai kemampuan Si Kecil.1

  4.  

  5. 5. Lebih Cermat Mengolah Asupan Zat Besi\

  6.  

  7. Tahukah, Bunda? Si Kecil perlu mendapat asupan Zat Besi yang cukup untuk mengoptimalkan kecerdasan, perkembangan perilaku, dan kecerdasan motoriknya. Pada usia 6-12 bulan, ia membutuhkan asupan Zat Besi sebanyak 11 miligram sehari, atau setara dengan 1,5 potong hati ayam. Oleh sebab itu, Bunda perlu mengolah asupan Zat Besi dengan baik sehingga kebutuhan Si Kecil terpenuhi. Misalnya, mengombinasikan asupan Zat Besi dengan Vitamin C agar penyerapannya lebih optimal. Selain itu, hindari konsumsi makanan dengan Zat Besi bersamaan dengan minum susu atau teh agar penyerapannya tidak terhambat.Bunda juga dapat memenuhi kebutuhan asupan Zat Besi harian Si Kecil dengan mengombinasikan MPASI homemade dan MPASI terfortifikasi seperti Nestlé CERELAC. Kandungan Zat Besi dalam setiap porsi Nestlé CERELAC membantu memenuhi 50% Angka Kecukupan Gizi (AKG) Si Kecil pada usia 6-24 bulan.

  8.  

  9. 6. Pastikan Kebutuhan Nutrisi Terpenuhi dalam MPASI yang Dibuat

  10.  

  11. Selain memenuhi kebutuhan Zat Besi, Bunda juga perlu memastikan kebutuhan nutrisi lainnya terpenuhi dalam setiap mangkuk MPASI Si Kecil. Mengingat perut mungilnya masih terbatas menampung makanan, sementara kebutuhan nutrisinya tinggi, Bunda dapat mengombinasikan MPASI homemade dengan Nestlé CERELAC setiap harinya.

  12. Nestlé CERELAC diperkaya 11 Vitamin dan 5 Mineral untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil sesuai AKG-nya. Selain Zat Besi, contohnya Zink pada varian Nestlé CERELAC beras merah ataupun kacang hijau juga bantu penuhi 50% kebutuhan Si Kecil, serta mengandung 1.6500 mg Omega-6.

  13. Jadi, Bunda dapat makin tenang dalam memberikan asupan nutrisi untuk Si Kecil, karena kandungan nutrisi Nestlé CERELAC yang terukur dapat mendukung kebutuhan harian Si Kecil.

 

Bagaimana, Bunda sudah siap mengolah menu MPASi untuk Si Kecil? Yuk, dukung kebutuhan Si Kecil saat menjalani MPASI 6 bulan dengan asupan nutrisi yang optimal!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.