Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
tips-menyusui-saat-si-kecil-tumbuh-gigi

Tips Menyusui saat Si Kecil Tumbuh Gigi

(0 review)

Momen menyusui memang merupakan sebuah quality time yang penting, dimana Ibu dan Si Kecil memiliki ikatan yang hanya bisa dirasakan berdua saja. Namun, kadang kondisi tumbuh gigi pada bayi  dapat memengaruhi pemberian ASI pada Si Kecil. 

Selasa, 26 April 2016

Akan ada kekhawatiran bahwa Si Kecil mulai dapat menggigit, sehingga puting memerah dan Ibu merasa kesakitan. Mungkin Ibu jadi mempertimbangkan untuk menyapihnya lebih awal.

Padahal, karena rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan American Academy of Pediatrics (AAP) adalah agar Ibu menyusui selama dua tahun, sebaiknya Ibu tetap menyusui Si Kecil walaupun ia sedang mulai tumbuh gigi.  

Lalu, bagaimana caranya agar Si Kecil tetap dapat memperoleh ASI dan Ibu juga dapat menyusui dengan nyaman? Salah satu caranya tentu adalah dengan meletakkan Si Kecil dalam posisi yang benar, sehingga ia tidak akan menggigit. Posisi menyusui yang benar dan teknik latch-on yang baik dapat mencegah gigitan yang menyakitkan. Karena itu, sebaiknya Ibu memperhatikan hal-hal berikut:

Sebelum Menyusui:

• Berikan Si Kecil mainan atau lap dingin untuk dikunyah sebentar.
• Jika Si Kecil sudah mulai tahap MP-ASI, berikan ia makanan padat yang agak keras untuk dikunyah. 
• Cobalah memijat gusi Si Kecil dengan jari yang bersih.

Selama Menyusui:

• Pastikan Si Kecil dalam posisi yang baik dan beratnya tertopang sempurna.
• Sebelum Si Kecil akan menekan puting, pastikan lidahnya keluar terlebih dulu. Ibu bisa bantu untuk meletakkan jari di kedua sisi mulutnya agar ia dapat menghisap dengan baik. 

Setelah Menyusui:

• Biasakan untuk membilas puting Ibu dengan air dingin, karena mungkin air liur Si Kecil dapat menimbulkan sedikit rasa perih.
• Lap dan keringkan payudara sebelum memasang baju kembali.

Tidak sulit sebenarnya untuk menjaga agar Si Kecil tak menggigit puting dengan memerhatikan beberapa tahapan di atas.

Jika Si Kecil Menggigit

Pertumbuhan gigi pada bayi  memang dapat menimbulkan rasa yang kurang nyaman, baik bagi Si Kecil maupun Ibu yang sedang menyusui. Lalu, apa yang harus Ibu lakukan apabila ia menggigit saat menyusui?

Nah, sebaiknya Ibu tidak mengeluarkan reaksi yang berlebihan. Cukup lepaskan ia dari payudara dan akhiri sesi menyusui. Dengan begitu, Si Keil akan menyadari bahwa apabila ia mengigit, ia tak bisa mendapatkan ASI. Apabila ia rewel setelah dilepaskan, tunggu beberapa saat sebelum mulai menyusuinya kembali.

Bagaimana jika Si Kecil menggigit lalu ia tak mau lepas? Tenang, Bu, biasanya ini jarang terjadi karena ia akan reflek melepas setelah menggigit. Namun, jika mengalami hal ini, Ibu bisa meletakkan jari di gusi bawah Si Kecil dan menarik diri secara perlahan.

Apabila belum berhasil, dekap Si Kecil ke dada, sehingga ia akan merasa sedikit sulit untuk bernapas dan membuka mulutnya. Ibu juga bisa mencari variasi metode lainnya agar Si Kecil mau membuka mulutnya. Namun, ingat untuk tetap berhati-hati saat melakukan cara ini ya, Bu.

Sudah paham kan, cara tepat menyusui saat Si Kecil sedang tumbuh gigi? Tak perlu takut atau ragu untuk tetap menyusui, karena ASI sangat penting untuk tetap diberika hingga ia berusia dua tahun. Yuk, share artikel ini kepada Ibu lainnya agar semua Ibu dapat memahami bagaimana cara mengurangi risiko puting tergigit saat memberikan ASI. 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.