Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Sehat Ibu Hamil Berlibur di Pantai

Tips Nyaman Berlibur di Pantai untuk Ibu Hamil

 

Pantai bisa menjadi salah satu destinasi liburan seru dan menyenangkan untuk babymoon. Inilah momen untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres selama masa kehamilan. 

Selasa, 9 Januari 2018

Namun mengingat Ibu sedang mengandung saat ini, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya Ibu tetap merasa nyaman saat bersantai di tepi pantai. Berikut beberapa tips sehat Ibu hamil yang bisa diterapkan.

Pakai Sunscreen Atau Sunblock

Menurut Skin Cancer Foundation, makin banyak kasus kanker kulit dilaporkan muncul di AS tiap tahunnya—lebih banyak dari kanker prostat, payudara, usus, dan paru-paru dijadikan satu. Salah satu faktor pemicunya adalah paparan sinar UV yang berlebihan. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya atau sunscreen penting sekali untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan menggunakannya sebelum ke pantai, Ibu dapat mengurangi kerusakan kulit yang parah, seperti terbakar dan mengelupas, serta risiko kanker kulit. Apalagi, kulit Ibu hamil sering kali lebih sensitif dari biasanya dan memiliki masalah seperti gatal-gatal dan kulit kering. Namun, Ibu juga mesti berhati-hati saat memilih tabir surya, karena beberapa kandungan mungkin berbahaya untuk janin. Carilah sunblock yang memang aman untuk Ibu hamil.

Sejumlah penelitian medis juga mengatakan sinar ultra violet bisa membuat Ibu hamil kekurangan asam folat. Padahal, zat ini diperlukan supaya janin tak mengalami masalah pertumbuhan otak, terutama pada trimester pertama. Itu sebabnya Ibu hamil direkomendasikan untuk melakukan konsultasi ke dokter kandungan terlebih dulu sebelum berjemur di pantai.

Hati-Hati Saat Berenang di Laut

Menurut Womenshealth.gov, berenang merupakan olahraga yang memiliki risiko paling kecil terhadap kesehatan Ibu hamil. Olahraga ini minim risiko mencederai persendian (low impact), bagus untuk menjaga stamina, dan dapat membantu mempersiapkan tubuh Ibu hamil untuk proses persalinan. Namun, Ibu perlu memerhatikan tempat Ibu berenang. Perlu diingat bahwa lautan adalah alam bebas yang ditinggali banyak spesies hewan dan tumbuhan. Beberapa di antaranya cukup berbahaya, seperti ubur-ubur, ikan pari, dan bulu babi.

Ibu hamil juga perlu berhati-hati untuk tidak minum air laut saat berenang. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, AS, hal ini disebabkan adanya kemungkinan air laut terkontaminasi limbah, racun, bakteri, atau kotoran lainnya. Selain itu, ada baiknya Ibu tidak berenang sendirian dan memilih area yang tidak terlalu dalam. Hal ini untuk menghindari adanya pertolongan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kaki kram saat berenang atau adanya ombak atau arus laut tiba-tiba.

Konsumsi Banyak Cairan

Tentunya cuaca di pantai terasa lebih panas. Menurut American Pregnancy Association, Ibu hamil butuh cairan lebih banyak dibanding orang normal. Cairan tubuh membantu terbentuknya plasenta untuk janin. Plasenta sendiri adalah rumah janin selama di dalam kandungan. Melalui plasenta, janin mendapatkan asupan makanan dan nutrisi. Maka dari itu, Ibu hamil tidak boleh sampai mengalami dehidrasi. Minumlah minimal 8-12 gelas air putih selama berada di pantai. Hindari menunggu rasa haus datang. Ibu harus ekstra perhatian  untuk rutin meneguk air putih. Selain air putih, Ibu hamil juga bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan segar dan jus.

Cari Tempat Teduh

Saat berada di pantai, pastikan Ibu memilih tempat paling teduh untuk beristirahat. Hindari berada di bawah sinar matahari terus-menerus. Selain adanya risiko dehidrasi , terlalu lama di bawah sinar matahari juga dapat membuat tubuh Ibu hamil memproduksi lebih banyak melanin. Hal ini bisa menimbulkan melasma atau noda cokelat di wajah.

Berteduhlah ketika Ibu mulai merasa lelah dan kepanasan. Itu pertanda bahwa Ibu harus mendinginkan diri. Mengganti pakaian juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi rasa panas. Saat beristirahat, Ibu dapat menyantap camilan sehat, seperti cracker gandum, yoghurt dan buah-buahan segar untuk mengembalikan energi dan kesegaran tubuh.

Dengan berbagai tips sehat Ibu hamil di atas, semoga momen liburan di pantai bisa lebih nyaman dan aman untuk Ibu dan Si Kecil. Jadi, Ibu dapat menjalani momen kehamilan yang sehat dan menyenangkan, untuk mendukung Si Kecil menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.