Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Timbulnya varises pada saat hamil dapat dicegah dengan diet dan menjaga posisi tubuh

Varises Pada Ibu Hamil

(0 review)

Apakah Ibu tahu bahwa salah satu keluhan yang paling tidak disukai oleh kebanyakan Ibu ketika hamil adalah timbulnya varises di bagian belakang kaki? Ya, bagi Ibu yang sedang hamil, mungkin sedikit terkejut saat melihat kondisi bagian belakang kaki terlihat bergurat dengan jelas, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu penampilan. Kondisi ini juga sering kali membuat para Ibu jadi enggan memakai celana atau rok pendek.

Selasa, April 26th, 2016

Sebenarnya apakah varises itu? Apa kondisi ini dapat membahayakan kandungan? Yuk, cari tahu lebih lanjut dalam artikel ini, Bu!
Apa itu Varises?

Saat hamil, volume darah dalam tubuh Ibu meningkat, sedangkan kecepatan darah untuk mengalir dalam pembuluh menurun. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah mengalami tekanan yang membuatnya melebar. Selain itu, karena tingginya hormon progestin dalam tubuh, pembuluh darah cenderung lebih sensitif, yang juga membuatnya tampak lebih lebar. Sehingga, pembuluh darah pun timbul dengan jelas tepat di bawah kulit yang membengkak, dan terlihat seperti garis-garis biru kehijauan pada kulit. Walaupun tak hanya terdapat pada kaki, varises memang paling banyak muncul pada betis, karena kaki merupakan penahan berat badan tubuh yang paling besar.

Mengapa Terjadi?

Berat bayi yang sedang berkembang pesat membuat rahim Ibu membesar, sehingga akan memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah, khususnya yang membawa darah dari kaki kembali ke jantung. Ditambah dengan hormon kehamilan yang dapat melemaskan otot pembuluh darah, varises jadi lebih cepat terbentuk karena pembuluh bisa melebar dengan mudah.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Varises memang merupakan hal yang lumrah terjadi pada setiap Ibu hamil, namun Ibu dapat melakukan beberapa cara pencegahan agar varises tidak terlalu banyak.

• Naikkan Kaki
Sesekali, coba naikkan posisi kaki agar lebih tinggi dari posisi jantung. Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah, sehingga pembuluh tidak terlalu bengkak. Coba lakukan ini sambil berbaring di tempat tidur atau sofa dalam keadaan santai. Ibu juga bisa meletakkan bantal di kaki tempat tidur pada malam hari.

• Sering Ubah Posisi
Coba untuk tidak berdiri terlalu lama. Beristirahatlah dengan duduk atau berbaring. Begitu juga, jika Ibu sudah terlalu lama dalam posisi duduk, khususnya bagi Ibu hamil yang bekerja, coba luangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar agar peredaran darah lancar kembali. Ini juga merupakan salah satu tips Ibu hamil yang ampuh untuk menjaga mood di kantor, lho.

• Kontrol Berat Badan
Sebaiknya, perhatikan diet saat hamil . Jaga agar Ibu hanya mengonsumsi asupan yang bernutrisi, dan lakukan juga olahraga ringan rutin. Berat badan yang meningkat terlalu drastis juga merupakan salah satu penyebab timbulnya varises.

• Gunakan Pakaian yang Nyaman
Terakhir, gunakan pakaian yang membuat Ibu hamil merasa nyaman. Misalnya, kenakan celana kehamilan yang sudah didesain khusus, sehingga kaki dan perut Ibu tidak terlalu tertekan atau sesak. Selain itu, perhatikan juga pemilihan sepatu. Jangan gunakan sepatu yang terlalu sempit atau berujung lancip agar tersedia ruang untuk jari-jari kaki. 

Adakah Risikonya pada Si Kecil?

Untuk hal yang satu ini, Ibu bisa menarik nafas lega karena varises tidak menimbulkan dampak apapun bagi janin yang dikandung. Selain itu, Ibu tak perlu khawatir soal bekas varises yang permanen. Cukup bersabar hingga beberapa bulan setelah melahirkan, lalu varises akan menghilang dengan sendirinya.

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review