Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ketahui berbagai penyebab bercak merah pada kulit Si Kecil berikut ini agar Ibu dapat lebih waspada.

Waspadai Munculnya Bercak Merah pada Kulit Si Kecil

 

Tiba-tiba muncul bercak merah pada kulit buah hati Ibu? Tak perlu langsung cemas, Bu. Kondisi ini memang bisa jadi jadi tanda timbulnya penyakit kulit atau lainnya pada anak, namun bisa juga merupakan kondisi yang normal. Sebagian besar ruam tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya.

Selasa, 4 September 2018

Namun, bila Si Kecil mengalami ruam yang mengkhawatirkan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan melakukan penanganan sedini mungkin.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang memiliki gejala bercak merah pada kulit anak beserta pertolongan pertama yang bisa Ibu lakukan di rumah:

1. Eksim

Merupakan kondisi kulit gatal, merah, kering dan pecah-pecah dalam jangka panjang. Bagian tubuh yang biasanya terkena eksim adalah wajah, leher, siku, dan lutut.

Untuk mengatasinya, pastikan Ibu menjaga kebersihan Si Kecil. Mandikan Si Kecil sebanyak dua hingga tiga kali hari sekali, dan keringkan kulitnya dengan ditepuk secara lembut. Hindari penggunaan pewangi atau pelembut pakaian, dan oleskan losion atau krim pelembap yang telah dikonsultasikan dengan dokter.

2. Intertrigo

Merupakan peradangan pada lipatan tubuh dan biasanya terletak pada paha, bagian dalam ketik, dan bagian bawah perut. Lipatan tersebut terasa sakit bila tersentuh. Untuk mengatasinya, Ibu bisa mencuci bagian lipatan kulit Si Kecil dengan air. Konsultasikan ke dokter apakah Ibu perlu memberikan krim atau obat lain untuk melindungi kulit Si Kecil.

3. Biang keringat

Biasanya muncul pada leher, wajah, punggung, atau bokong Si Kecil. Penampakannya terlihat berwarna merah dengan gelembung-gelembung kecil berair yang terasa gatal, sehingga akan membuat Si Kecil rewel.

Atasi dengan memberikan Si Kecil pakaian yang longgar dan tipis, serta mudah menyerap keringat. Pindahkan juga ia ke ruangan yang lebih sejuk. Ibu juga bisa memandikan Si Kecil dengan air dingin.

4. Ruam popok

Dapat terjadi bila kulit Si Kecil terlalu lama terpapar air kencing atau feses. Ruam popok dapat Ibu atasi dengan mengganti popok Si Kecil secara rutin, dan mengoleskan krim untuk ruam sebelum memakaikan popok yang bersih. Jika kondisi ruam berlanjut, Ibu direkomendasikan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

5. Biduran

Ruam karena alergi terhadap zat tertentu seperti makanan, obat, sengatan hewan, atau cuaca. Jenis ruam ini tidak menular dan dapat hilang setelah beberapa hari. Agar bercak merah pada kulit lekas hilang, jauhkan Si Kecil dari alergen atau penyebab timbulnya ruam.

6. Slapped cheek syndrome

Merupakan infeksi virus yang menimbulkan ruam merah seperti bekas ditampar pada kedua pipi Si Kecil. Ruam jenis ini tidak butuh pengobatan khusus karena akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

7. Penyakit tangan, kaki, dan mulut

Disertai sariawan, ruam yang satu ini ditandai dengan demam, Si Kecil kehilangan nafsu makan, hingga sakit tenggorokan. Penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus ini dapat menular melalui batuk, bersin, namun dapat sembuh dengan sendirinya, sekitar 7-10 hari. Untuk mencegah ruam menyebar ke bagian tubuh lainnya, sering-seringlah mencuci tangan Si Kecil.

Demikian beberapa penyebab timbulnya bercak merah pada kulit yang perlu Ibu ketahui. Meski beberapa penyakit di atas tidak berbahaya, bila Ibu mulai khawatir, ada baiknya segera bawa Si Kecil untuk diperiksa oleh dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.