Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Tips Memilih Produk Balita yang Aman Dikonsumsi Anak

Yuk, Biasakan Cek Label Kemasan Sebelum Membeli Produk Balita

 

Ibu tentu ingin memberikan produk balita yang terbaik untuk Si Kecil, agar tumbuh kembangnya dapat didukung secara optimal.

Senin, 17 Desember 2018

Salah satu langkah pertama untuk melakukannya adalah dengan membaca label kemasan produk saat berbelanja, misalnya saja saat Ibu akan membeli susu pertumbuhan anak. Apa saja hal-hal yang perlu Ibu perhatikan saat membeli produk untuk Si Kecil? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Ibu catat. Sudah siap menyimak, Bu?

1. Tanggal Kedaluwarsa & Tanggal Produksi

Perhatikan bagian “gunakan terbaik sebelum” pada label makanan. Bagian ini artinya makanan tersebut mungkin masih aman untuk dimakan setelah waktu tersebut, tapi rasanya sudah berubah dan nutrisinya hilang. Makanan yang melewati tanggal penggunaan yang direkomendasikan sebaiknya tidak Ibu berikan pada Si Kecil, karena berisiko memengaruhi kondisi kesehatannya.

2. Kandungan Nutrisi

Pilih produk makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil. Hindari bahan yang mengandung sodium, terutama untuk makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab, asupan sodium berlebih dapat memperbesar risiko penyakit jantung dan stroke ketika dewasa. Selain itu, sebisa mungkin hindari kandungan lemak trans yang dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya jantung koroner dan diabetes melitus.

3. Takaran Saji

Cek apakah takaran saji dari produk yang Ibu berikan pada Si Kecil, sesuai dengan yang tercantum pada kemasan. Jangan sampai, ini melebihi takaran yang disarankan. Sebab, dikhawatirkan Si Kecil malah mendapatkan asupan nutrisi yang melebihi kebutuhan hariannya, terutama produk yang mengandung lemak, gula, dan kalori. Asupan nutrisi yang sesuai kebutuhan usia Si Kecil, penting supaya tumbuh kembangnya berjalan dengan ideal.

4. Presentase Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Presentase ini menunjukkan jumlah nutrisi harian rata-rata yang akan diperoleh anak saat mengonsumsi satu porsi makanan atau minuman. Jika sebuah produk memiliki nilai harian 5% atau di bawahnya, berarti makanan tersebut mengandung nutrisi yang sedikit. Nilai nutrisi harian yang ideal adalah 10-19%. Jadi, bila makanan memiliki nilai harian 20%, artinya makanan tersebut mengandung nutrisi yang tinggi.

5. Zat Alergen

Bila buah hati Ibu memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, perhatikan baik-baik kandungan pada label makanan. Biasanya bahan berupa kacang, susu, telur, ikan dan kerang, kedelai, serta gandum, dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa anak.

6. Kandungan Kalori & Kolesterol

Memeriksa kalori adalah cara untuk mengukur seberapa banyak energi yang disediakan makanan tersebut untuk anak Ibu. Angka pada label makanan menunjukkan berapa banyak kalori dalam satu porsi makanan. Dengan memperhatikan bagian kalori ini, Ibu dapat memastikan kebutuhan kalori Si Kecil tercukupi dan tidak berlebih.

7. Kadar Gula

Gula ditemukan pada sebagian besar makanan. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih makanan untuk Si Kecil. Kandungan gula yang tinggi berisiko membuat Si Kecil mengalami diabetes atau kegemukan.

8. Periksa Label Sertifikasi

Produk balita yang bertuliskan “organik”, kini banyak beredar di pasaran. Namun, Ibu disarankan untuk periksa lebih dahulu kebenarannya dengan cara memperhatikan label sertifikasi pada kemasan. Di Indonesia, produk makanan organik disertifikasi oleh Control Union Indonesia, BIOCert, atau PT. Sucofindo. Produk yang di kemasannya mencantumkan nama organisasi tersebut, tandanya sudah diuji di bawah pengawasan Kementerian Pertanian dan memenuhi standar organik.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Ibu cek dengan hati-hati saat akan membeli produk balita. Dengan cara ini, Ibu dapat memastikan asupan makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan nutrisi yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. Selain itu, Ibu juga dapat membantu menjaga kesehatannya senantiasa terjaga. Jadi, jangan lupa cek label kemasan setiap berbelanja ya, Bu.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.