Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Cara Supaya Anak Mau Makan

Yuk, Buat Momen Mamam Si Kecil Makin Ceria!

 

Terkadang Si Kecil bisa jadi menolak makan dengan cara menutup mulutnya saat disuapi MP-ASI. Kalau sudah begini, apa ya yang sebaiknya dilakukan supaya anak mau makan ?

Selasa, 22 Mei 2018

Salah satu caranya adalah dengan mengajak Si Kecil melakukan aktivitas menyenangkan di waktu makannya. Apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan saat makan? Simak terus infonya di bawah ini, yuk!

- Buat Nama Julukan

Selain menyajikan makanan dengan bentuk yang menarik, Bunda juga bisa mengajak Si Kecil membuat nama julukan untuk tiap bahan makanan. Tujuannya, supaya ia tertarik untuk mengenal makanannya dan mau melahapnya. Misalnya, Bunda bisa memberi nama seperti: Tantan si Kentang, Rafael si Apel, atau Pampam si Bayam. Supaya lebih seru, Bunda bisa main peran sebagai bahan makanannya. Misalnya, Bunda bisa bicara seperti: “aku pampam si Bayam, aku berwarna hijau dan sangat senang kalau dimakan.” Cara ini juga bisa membantu Si Kecil melatih memorinya untuk mengenal makanan.

- Main Pesawat-Pesawatan

Ya, permainan sederhana ini juga bisa jadi salah satu cara supaya anak mau makan. Sebab, Bunda dapat membuat suasana makan Si Kecil jadi menyenangkan. Dengan menggunakan sendok yang diibaratkan sebagai pesawat, Bunda bisa menggerakan sendok seakan sedang terbang, lalu masuk ke dalam mulut Si Kecil. Mudah, ‘kan?

- Menyuapi Boneka

Ini bisa jadi aktivitas menyenangkan ketika anak tak mau makan. Caranya, siapkan boneka favorit Si Kecil di dekatnya. Lalu Bunda berpura-pura menyuapi si boneka untuk melahap makanan. Setelah itu, baru suapi Si Kecil dengan perlahan-lahan. Bila ia sudah bisa memegang sendok, Bunda juga bisa mengajaknya menyuapi boneka menggunakan tangannya sendiri. Seru, ‘kan?

- Memutar Lagu Anak-Anak

Sudah pernah menyuapi Si Kecil sambil mendengarkan lagu anak-anak? Kalau belum, mungkin cara ini bisa Bunda coba. Sebab, menurut jurnal yang dipublikasikan di situs lembaga kesehatan anak Amerika Serikat, American Academy of Pediatrics, musik  dapat membantu membuat mood anak lebih happy. Suasana hati seperti ini, bisa membantu Si Kecil untuk menikmati waktu makannya dengan ceria! Jadi, saat waktu makan tiba, putar lagu kesukaan Si Kecil. Atau, Bunda juga bisa memutar lagu lainnya dengan irama menyenangkan seperti “Baby Shark”.

- Piknik di Pekarangan Rumah

Mungkin makan di meja makan atau kursi makan, bisa membosankan bagi Si Kecil. Jadi, sekali-sekali buat suasana makin menyenangkan dengan membuat piknik sederhana di pekarangan rumah. Persiapannya tidak sulit kok. Bunda hanya butuh menyiapkan tikar, peralatan makan sederhana, dan juga mainan. Supaya acara piknik makin seru, bisa juga ajak Ayah atau anggota keluarga lainnya untuk makan bersama, ya.

Nah, ternyata membuat momen makan Si Kecil makin ceria tidak sulit ‘kan, Bunda? Sambil mendukung sang buah hati melahap makanannya, pastikan juga ia mendapatkan asupan gizi yang cukup setiap hari. Untuk itu, Bunda perlu menyiapkan MP-ASI bergizi. Bubur Nestlé CERELAC Kacang Hijau mengandung 11 vitamin, omega 6, dan zat besi, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi harian Si Kecil dan mendukung tumbuh kembangnya.

Semoga beberapa tips tadi bisa membantu agar anak mau makan. Dengan begitu, Bunda dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil. Selamat mencoba!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.