Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
yuk-cegah-alergi-pada-si-kecil

Yuk Cegah Alergi Pada Si Kecil

 

Walaupun bukan salah satu penyakit berat, alergi ternyata dapat mengganggu tumbuh kembang si Kecil lho. Apalagi jika Anda terlalu banyak melarang ini dan itu untuk menghindari kambuhnya alergi. Nah, agar si Kecil tetap tumbuh dengan baik walaupun memiliki alergi, Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini. Simak, yuk!

Selasa, 8 Desember 2015

1. Memberikan ASI

Jika si Kecil masih berumur 0-6 bulan, pemberian ASI adalah langkah yang tepat untuk mencegah alergi. Menurut, Dosen Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia DR. Dr. Luciana B Sutanto, MS. SpGK pemberian ASI ini dapat menekan timbulnya kasus alergi anak yang bersifat genetik atau diturunkan dari orang tuanya yang biasa terjadi pada anak yang berumur dibawah 2 tahun. Selain untuk memenuhi nutrisinya, kandungan protein yang terdapat pada ASI dapat mencegah alergi pada si Kecil.

Namun karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui dapat dirasakan oleh si Kecil, maka ibu juga harus memperhatikan makanan yang ibu konsumsi. Hindarilah mengkonsumsi makanan pemicu alergi seperti kacang, telur dan susu sapi.

2. Jangan memberikan makanan padat pertama terlalu dini

Ketika si Kecil sudah lepas dari ASI eksklusif, Anda harus berhati-hati dalam memberikan makanan padat pertamanya. Hal ini untuk mencari tahu apakah si Kecil alergi makanan tersebut atau tidak. Caranya, Anda jangan langsung memberikan makanan yang berbeda-beda sekaligus namun secara bertahap. Contohnya: hari ini Anda memberikan si Kecil puree wortel, berikanlah hal yang sama hingga 4 hari kedepan untuk mengetahui reaksi tubuh si Kecil terhadap makanan tersebut.

3. Siapkan allergy-kit

Jika si Kecil sudah terbukti mengidap alergi tertentu, sebagai orang tua Anda harus waspada setiap waktu. Masukanlah obat alergi yang Anda dapatkan dalam satu kotak, agar mudah dibawa kemana-mana. Nah, usahakan dalam kotak tersebut ada barang-barang berikut ini:

  • Instruksi kecil tentang penanganan alergi dari dokter Anda
  • Hand sanitizer
  • Antihistamine atau obat alergi yang dapat mengurangi dampak alergi si Kecil
  • Jangan lupa obat-obatan alergi khusus lainnya yang sudah sesuai dengan resep dokter

4. Bekerja sama dengan kerabat

Untuk mencegah alergi si Kecil kambuh, coba Anda infokan kepada kerabat tentang hal-hal apa saja yang dapat membuat si Kecil alergi. Apalagi jika si Kecil alergi terhadap kacang yang biasanya memiliki efek serius seperti sulit bernafas. Berilah sebuah catatan kecil tentang alergi yang dimilikinya dan bagaimana cara penanggulannganya jika tiba-tiba alergi si Kecil kambuh. Dengan begitu, Anda sebagai orang tua dapat tenang jika harus melepasnya keluar rumah tanpa bimbingan Anda.

5. Rajin membersihkan rumah

Salah satu faktor munculnya alergi adalah lingkungan. Biasanya debu dapat membuat seseorang terkena alergi hidung. Alergi seperti ini menyebabkan seseorang jadi sering bersin hingga batuk dan pilek. Maka dari itu ada baiknya Anda sekeluarga rajin membersihkan rumah Anda. Mulai dari mengelap kaca, membersihkan mainan si Kecil, karpet, gudang dan jangan ketinggalan pendingin ruangan Anda. Yuk, memininalisir penyebaran alergi mulai dari rumah sendiri.

Jadi, jangan takut lagi untuk melepas si Kecil walaupun dia memiliki alergi. Asalkan Anda dan keluarga selalu menjaganya dan melakukan tips-tips di atas.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.