Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Dampingi Anak Konsumsi Makanan Pendamping ASI

Yuk, Kenali Tahapan Kemampuan Makan Si Kecil!

 

Melatih Si Kecil belajar makan bisa jadi momen yang seru sekaligus menantang. Namun di sisi lain, Bunda juga butuh kesabaran ekstra untuk mendampingi Si Kecil makan mandiri. Setelah ia dapat mengonsumsi Makanan Pendamping ASI, Bunda bisa mengenalkan anak makan pakai tangan sendiri.

Minggu, 16 September 2018

Kenapa Si Kecil perlu didukung untuk makan mandiri sejak dini? Berdasarkan studi yang dilakukan oleh School of Psychology, University of Nottingham, Inggris, anak yang belajar makan mandiri membantunya untuk tidak pilih-pilih makanan ketika ia bertambah usia. Hal ini bisa mendukung Si Kecil untuk menyukai beragam makanan sehat, sehingga nantinya dapat mendukung ia tumbuh sehat.

Sebelum melatih Si Kecil belajar makan sendiri, Bunda perlu tahu tahapan kemampuan anak dalam mengonsumsi makanan. Ini penting, supaya Bunda dapat mengajarkan cara makan yang tepat sesuai dengan kemampuannya. Yuk, simak tahapannya di bawah ini.

1. Usia 6 Bulan

Pada usia ini Si Kecil sudah mampu melahap MPASI (Makanan Pendamping ASI) dari sendok yang disuapi Bunda. American Academy of Pediatrics merekomendasikan Bunda mulai mengenalkan makanan padat setelah ia berusia 6 bulan. Sebab, secara fisik tubuh Si Kecil siap mendukungnya untuk mencerna makanan. Salah satu tandaya, Si Kecil sudah bisa menegakkan leher secara mandiri. Selain itu, otot lidah dan rahangnya pun sudah berkembang. Meski kemampuan motorik halus Si Kecil di usia ini belum memungkinkan ia untuk menggenggam makanan. Namun, Bunda bisa mengajarinya konsep waktu makan. Jadi, ketika tiba waktunya makan, ia perlu duduk dan menikmati makanannya.

Jangan lupa, pastikan kebutuhan gizi Si Kecil tercukupi tiap harinya ya, Bu. Sediakan beragam makanan sehat bergizi seimbang. Nestlé CERELAC diperkaya dengan kandungan zat besi, serta vitamin A dan C, untuk membantu lengkapi asupan gizi Si Kecil.

2. Usia 7-12 bulan

Di usia ini Si Kecil mulai belajar menggenggam makanan finger food. Jadi, Bunda bisa mengenalkan Si kecil dengan finger food secara perlahan. Sebagai permulaan yang baik, Bunda dapat memberikan pisang atau alpukat.

Potong dadu makanan atau bentuk menjadi bunga dan hati agar pengalaman makan Si Kecil semakin menyenangkan. Telur, daging lunak, dan wortel yang sudah direbus atau dikukus hingga matang merupakan pilihan yang baik. Perlu dicatat, sebaiknya hindari memberikan Si Kecil makanan yang rentan menyebabkan ia tersedak, seperti buah anggur dan potongan keju.

3. Usia 13-24 bulan

Pada masa ini, Si Kecil bisa mulai belajar makan menggunakan sendok. Cobalah memberi Si Kecil sendok khusus anak untuk dipegang. Dengan demikian, Si Kecil akan terbiasa memegang sendok sendiri. Bunda dapat memberi Si Kecil makanan keluarga yang sudah dipotong-potong kecil, lalu mendukungnya belajar makan sendiri. Supaya area makan di sekitar Si Kecil mudah dibersihkan, Bunda bisa gunakan alas berbahan plastik.

Nah, sudah siap mengajarkan Si Kecil makan mandiri? Sebaiknya, hal ini diajarkan sejak dini setelah ia mengenal Makanan Pendamping ASI. Dengan begitu, Bunda dapat membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.